Berbahayakah Kram Diafragma?

By , Rabu, 4 Desember 2013 | 14:04 WIB

Diafragma adalah otot utama bagi proses pernapasan. Diafragma juga merupakan otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut. Kram atau spasme adalah keadaan kontraksi otot yang berlebihan.

Kram pada diafragma umumnya memang dapat menyebabkan nyeri dada atau nyeri perut di bagian atas. Atau bisa juga menimbulkan gejala cegukan (hiccup). Keadaan ini relatif tidak berbahaya.

Umumnya gejala nyeri atau sesak nafas yang diakibatkan oleh kondisi ini dapat reda atau sembuh dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Pengobatan yang perlu dilakukan adalah dengan pemberian obat antinyeri sederhana dan dijual bebas seperti ibuprofen atau paracetamol, dan hanya diberikan apabila diperlukan saja.

Terkadang apabila menimbulkan nyeri yang berlebihan, dokter dapat memberikan obat pelemas kontraksi otot (muscle relaxant).

Untuk mencegah kambuhnya keadaan seperti ini, lakukanlah olahraga yang bersifat aerobik secara teratur seperti jogging ringan, bersepeda, atau renang. Latihan-latihan pernapasan yang bersifat lembut dan ritmik (breathing exercise) juga akan sangat membantu dalam mengatasi kekambuhan dan mempercepat pemulihan dalam kondisi seperti ini.