Beberapa Tempat untuk Mengenang Mandela

By , Jumat, 6 Desember 2013 | 16:25 WIB
()

Dunia boleh berduka dengan kepergian tokoh perjuangan sekaligus salah satu pemimpin besar, Nelson Mandela. Namun ia tidak pergi begitu saja. Semangat, perjuangan serta ajarannya mengenai perdamaian dan keberanian tetap membekas.

(Lihat: Rakyat Afrika Selatan Merayakan Hidup Nelson Mandela)

Jejak Mandela ada di beberapa tempat yang pernah mencatatkan keberadaannya. Mulai dari rumah tinggal, tempat ia dipenjara, hingga lokasi pemilihan dirinya sebagai pemimpin di Afrika Selatan. Bahkan, salah satu pusat perbelanjaan di Johannesburg mengabadikannya dalam ukiran patung besar. Berikut adalah 6 tempat di Afrika Selatan yang menjadi saksi keberadaan tokoh pejuang yang gemar menggunakan batik saat acara resmi kenegaraan.

Eksterior Robben Island Prison. (Thinkstockphotos)

Pulau Robben. Robben Eiland atau Pulau Robben berada di Teluk Table, sebelah barat pesisir Bloubergstrand, Cape Town. Pulau ini terkenal sebagai tempat pengasingan tahanan politik. Termasuk pula Mandela, pernah dipenjara di tempat ini selagi pemerintahan apartheid berlangsung di Afrika Selatan. Dirinya dipenjara di Pulau Robben selama 18 tahun dari keseluruhan masa hukumannya, yakni 27 tahun. Sekarang, Pulau Robben ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia. The Museum Mandela. The Museum Mandela dibangun pada tahun 2000, 10 tahun setelah Madiba (nama klan tradisional Mandela) bebas dari penjara. Dibuatnya museum ini adalah untuk mengenangnya sebagai founding father di Afrika Selatan. Melalui museum yang berada di Gedung Bhunga, Mthatha, Eastern Cape ini semangat dan ajaran contoh hidup akan selalu terkenang dan tersimpan di dalam museum.Patung Voting Line, Port Elizabeth. Pemilihan umum Afrika Selatan pada 1994 merupakan pemilihan demokratis oleh rakyat yang memenangkan Nelson Mandela. Di salah satu tempat di Port Elizabeth, di sana masih tergambar bagaimana suasana pemilu saat itu. Jajaran patung sepanjang 38 meter di Donkin Reserve, pusat kota Port Elizabeth menggambarkan jajaran para pemilih. Di ujung jajaran patung para pemilih berdiri patung Mandela dengan tangan tinju mengepal di udara mengisyaratkan kemenangannya. Museum Rumah Mandela, Soweto. Museum Rumah mandela terletak di Jalan Vilakazi 8115. Museum ini adalah rumah tempat Mandela pernah tinggal bersama istrinya, Winnie Mandela dan dua anak mereka.Nelson Mandela Square, Johannesburg. Nelson Mandela Square menyimpan patung besar Madiba. Di sini merupakan tempat favorit wisatawan yang bertandang ke Johannesburg untuk berfoto bersama Madiba raksasa.

Alexandra Yard Precinct, Johannesburg. Tidak banyak yang menyadari bahwa Mandela tinggal di Alexandra ketika ia pertama kali datang ke Johannesburg. Rumah tinggalnya tepatnya berlokasi di Stanley Road.