Telepon Cerdas Wadahi Kebutuhan Wisata

By , Selasa, 10 Desember 2013 | 15:32 WIB
()

Bagi wisatawan di masa gadget—termasuk yang berjuluk digital nomad—, urusan mengabadikan subjek dan langsung mengunggahnya ke media sosial termasuk kebutuhan penting.  Nokia hadir menjadi salah satu jembatan pengguna kebutuhan ini, dengan melansir Nokia Lumia 1020. Sebuah telepon cerdas yang dilengkapi fitur 41 MegaPixel dan dioperasikan menggunakan sistem operasi Windows Phone 8.

Dalam peluncurannya yang berlangsung kemarin (09/12) di Sudirman Central Business District (SCBD) Jakarta, William Hamilton-Whyte, President Director Nokia Indonesia berbagi pengalaman dalam peluncuran produk yang hadir dalam tiga varian warna, yaitu kuning, putih atau hitam ini. “Saya baru saja kembali dari Kalimantan untuk mengunjungi pusat rehabilitasi orangutan,” kisahnya. “Ada wisatawan dari Amerika Serikat menggunakan kamera DSLR dan saya pakai Nokia 1020. Teknologi perangkat kami berbeda, juga soal optik dan perangkat kerasnya. Tetapi saya berhasil mendapatkan detail seperti yang diberikan kamera mereka.”

Menyebut dirinya bukan fotografer, Hamilton-Whyte menyatakan rasa puas saat malamnya mengobrol dengan wisatawan di kamp orangutan itu. “Jepretan saya dapat dibanggakan dan bisa langsung dibagi saat itu sekaligus mudah diunggah ke media sosial.”

Sementara Anvid Erdian, Product Manager Nokia Indonesia menyebut, inilah gadget andalan buat mereka yang gemar menonton konser atau pertandingan sepak bola. “Fitur reinvented zoom membuat kita dapat mengambil foto atau video secara automatis tanpa setting zoom profesional atau harus ke maju jauh depan,” ujarnya.

Hasil foto-foto yang turut dipamerkan dalam peluncuran Nokia Lumia 1020, mayoritas diambil di Rajaampat, Papua (R. Ukirsari Manggalani/NGT)

Tambahan lagi, terdapat fitur full stereo recording yang membantu proses perekaman suara di tempat gaduh, sehingga hanya suara utama yang masuk sementara noise atau suara sekitarnya diredam.

Salah satu “penemuan” yang sangat membantu dari telepon cerdas ini adalah fokus yang dapat disetting secara manual. Setelah melakukan pengambilan foto dengan detail tertentu, telepon cerdas ini tetap menyimpan hasil pengambilan secara keseluruhan sehingga tidak ada momentum terlewatkan.

Bagi penyuka travelling yang setiap saat ingin berbagi dengan keluarga maupun ke media sosial, agaknya telepon cerdas ini bisa menjadi sebuah wacana menarik. Dan tidak melulu berfungsi sebagai kamera—dilengkapi dengan camera grip yang membuat momen pengambilan foto makin mengasyikkan—ia bisa menjadi teman perjalanan setia, mampu memperdengarkan lagu-lagu lebih dari 1.000 buah koleksi serta dilengkapi Nokia Purity Pro Stereo Headset dari Monster.  Sementara kelengkapan peta yang disajikan juga bakal membantu para pejalan dalam menemukan lokasi-lokasi favorit sepanjang penjelajahan.