Bumi dan Bulan Dipandang dari Wahana Angkasa Luar

By , Kamis, 12 Desember 2013 | 14:14 WIB

Juno, wahana NASA menangkap gambaran Bumi dan Bulan seperti pandangan dari wahana penjelajah gugusan bintang yang melintasi cepat planet kita dalam perjalanannya menuju Jupiter pada Oktober 2013.

“Jika Kapten Kirk dari USS Enterprise bilang, ‘Antar kami pulang, Scotty’ inilah yang seharusnya dipandang oleh para awak,” Scott Bolton, kepala penyelidik bagi Juno di the Southwest Research Institute menyampaikan pernyataan dari NASA, “Dalam film, Anda akan menumpang Juno ketika mendekati Bumi dan kemudian membubung ke kegelapan semesta. Tak ada pemandangan tentang dunia kita seperti ini sebelumnya yang menangkap gerak waltz surgawi dari Bumi dan Bulan.”

NASA meluncurkan video Bumi dan Bulan oleh Juno, Selasa, 10 Desember 2013 selama pertemuan tahunan American Geophysical Union di San Fransisco. Video resolusi rendah ini menunjukkan Bumi berputar dan berkembang dalam bingkai seperti jika Juno yang melekat pada Jupiter membuat pendekatan dengan jarak terdekat selama melintasi Bumi pada 9 Oktober 2013. Gambar-gambar yang ditangkap menggunakan empat kamera istimewa di Juno dirancang untuk merunut bintang-bintang redup.