Pangeran Harry Menggapai Kutub Selatan

By , Sabtu, 14 Desember 2013 | 07:55 WIB

Pangeran Harry menjadi anggota kerajaan Inggris pertama yang sampai di Kutub Selatan dalam perjalanan selama tiga minggu bersama veteran militer, kata pihak penyelenggara.

Harry bersama 12 veteran dari Inggris, Amerika Serikat, Kanada dan Australia tiba di Kutub Selatan pada pukul 12:00 GMT (19:00 WIB) Jumat setelah menempuh jarak selama 320 kilometer dengan menarik kereta luncur.

Perjalanan melintas Antartika ini semula dimaksudkan sebagai lomba namun kemudian dihentikan karena sulitnya medan dan juga keselamatan peserta, sebagian di antaranya kehilangan tangan atau kaki akibat perang di Afghanistan dan Irak.

Namun perjalanan yang disebut Walking with the Wounded, Berjalan bersama Mereka yang Terluka, tetap dilanjutkan di tengah cuaca dingin dan angin kencang.

Harry, 29, yang pernah bertugas sebagai pilot helikopter militer, sempat berguyon karena rencana mereka tiba di Kutub Selatan pada hari Jumat tanggal 13 Desember.

Harry mengatakan tanggal itu "tidak beruntung bagi sebagian namun beruntung buat kami."

"Hembusan angin menurun. Saya rasa semua merasa lelah namun perlahan-lahan kami bisa temukan ritme bersama," kata penerima waris keempat kerajaan Inggris ini.