Jelajah Kawasan Lindung Istimewa di Timur Nusantara

By , Selasa, 28 Juli 2015 | 18:00 WIB

Taman Nasional Lorentz adalah sebuah taman nasional yang terletak di provinsi Papua Barat , Indonesia. Dengan luas wilayah sebesar 25.000 km² Lorentz merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara.

Dalam wilayahnya juga terdapat persediaan mineral, dan operasi pertambangan berskala besar juga aktif di sekitar taman nasional ini.

Ada juga Proyek Konservasi Taman Nasional Lorentz yang terdiri dari sebuah inisiatif masyarakat untuk konservasi komunal dan ekologi warisan yang berada di sekitar Taman Nasional Lorentz ini.

Para pendaki harus menggunakan teknik penyeberangan tyrolean, untuk mencapai puncak Carstensz Pyramid. (Mahitala Unpar)

Dari tahun 2003 hingga kini, WWF-Indonesia Region Sahul Papua sedang melakukan pemetaan wilayah adat dalam kawasan Taman Nasional Lorentz. Tahun 2003- 2006, WWF telah melakukan pemetaan di Wilayah Taman Nasional Lorentz yang berada di Distrik (Kecamatan) Kurima Kabupaten Yahukimo, dan Tahun 2006-2007 ini pemetaan dilakukan di Distrik Sawaerma Kabupaten Asmat.

Letak taman nasional ini membentang dari puncak Gunung Jayawijaya  yang diselimuti salju, hingga perairan pesisir pantai dengan hutan bakau membuat kawasan ini perwakilan ekosistem terlengkap untuk keanekaragaman hayati di Asia Tenggara dan Pasifik.