Sembarangan Menaruh di Kulkas, Makanan Cepat Busuk

By , Rabu, 18 Desember 2013 | 07:35 WIB

Dari sekian banyak rak yang tersedia di kulkas, apakah Anda tahu fungsinya? Atau, apakah Anda selama ini cenderung memasukkan berbagai bahan makanan secara sembarangan saja?

Kalau ya, bahan makanan yang seharusnya awet malah bisa lebih cepat membusuk. Yuk, ikuti cara mengatur penyimpanan di kulkas yang benar.1. Selalu atur suhu kulkas minimal 5 derajat celsius atau di bawahnya, supaya bakteri yang sering “hinggap” di makanan tidak bisa berkembang biak.

2. Cek kelembaban di rak khusus sayuran supaya sayuran bisa tetap segar.

3. Simpan makanan sisa di wadah bertutup ketat yang transparan supaya lebih mudah diingat. Beri label sesuai tanggal penyimpanan, dan pastikan Anda sudah menghabiskannya dalam waktu empat hari.

4. Jangan mencampuradukkan sayuran, buah-buahan, dan daging di rak yang sama. Bila Anda melakukan hal ini, gas dalam sayuran tertentu bisa menyebabkan bahan makanan lebih cepat busuk.

5. Meskipun rak di pintu kulkas dibuat untuk menampung minuman kemasan seperti susu, lebih baik simpan susu di rak tengah. Pasalnya, suhu di pintu kulkas sangat mudah berubah karena sering dibuka-tutup.

6. Jangan hanya menyimpan daging atau seafood  di plastik. Lebih baik alasi juga dengan wadah  supaya tetesannya tidak mengontaminasi bahan makanan lain.

7. Memang listrik akan lebih hemat bila kulkas diisi penuh. Akan tetapi, mengisi kulkas terlalu penuh justru akan membuat suhu lebih hangat sehingga bahan makanan cepat membusuk.

8. Jangan mengiris, mengupas, atau memotong bahan makanan, lalu menyimpannya di lemari es, bila Anda tak akan menggunakannya saat itu juga.

9. Segera seka dan bersihkan kotoran hingga genangan air di rak kulkas.