4 Tips Resolusi bagi Pelancong

By , Senin, 23 Desember 2013 | 15:30 WIB

Di penghujung tahun 2013 ini, banyak orang yang menyusun resolusi. Resolusi ini bertujuan baik, yaitu untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan setahun yang lalu.

Tradisi resolusi Tahun Baru bukanlah hal yang baru. Orang Babilonia, orang Roma, bahkan ksatria-ksatria abad pertengahan melakukan tradisi ini.

Bagi kaum traveler pun perlu melakukan resolusi. Meskipun tak berarti banyak, resolusi ini bisa membuat traveler lebih menikmati perjalanannya. Resolusi yang dibuat pejalan juga lebih mudah dijaga, selama realistis mengenai hal apa yang dapat menjadi daftar resolusi.

Berikut empat resolusi yang disarankan oleh pejalan Robert Reid, untuk menikmati Bumi kita dengan lebih baik di tahun depan.

1. Gunakan hari libur Anda sebaik mungkin. Kebanyakan orang menyiakan hari libur dengan bermalas-malasan di rumah. Rata-rata, tiap orang memiliki 14 hari libur per tahun.  Namun, menurut studi dari Expedia, hanya 10 hari yang dimanfaatkan.

Kita melihat jenis-jenis statistik setiap tahun, nampaknya jumlah hari yang tidak dimanfaatkan meningkat. Namun, pada saat yang sama hampir tiga dari lima orang Amerika merasa liburannya dirampas. Karenanya, jadikan 2014 sebagai tahun yang baik untuk traveling.

2. Lihat sisi baru tempat liburan yang dekat dengan rumah Anda. Tidak ada alasan bagi warga Jakarta yang belum mengunjungi Monas. Atau Anda penduduk sekitar Malang belum pernah ke kawasan Gunung Bromo?

Itu beberapa contoh saja. Banyak yang sebenarnya tidak kita sadari bahwa tempat liburan yang belum kita jamah ternyata menjadi lokasi incaran para traveler. Cobalah tempat liburan itu.

3. Jauhkan ponsel saat Anda bepergian. Memang, orang-orang modern sulit sekali untuk menjauhkan ponselnya. Cobalah hal ini walaupun tidak semudah kedengarannya. Lima kali seminggu, duduklah di tempat umum. Matikan ponsel, dan lihat apakah Anda dapat fokus dengan yang ada di sekitar Anda. Lakukan hanya selama sepuluh menit!

Setelah berhasil, lakukan kemampuan ini untuk berlibur. Beberapa resort memang mengharuskan wisatawan untuk menyerahkan ponselnya pada saat kedatangan, tetapi Anda dapat melakukan hal ini tanpa permintaan dari resor.

4. Anggaplah diri Anda sebagai seorang penulis perjalanan. Banyak orang mengklaim bahwa pekerjaan impian mereka adalah menjadi seorang penulis perjalanan. Jadi, kemudian bepergian layaknya seorang penulis perjalanan.

Cobalah memilih tempat yang tidak benar-benar ingin dikunjungi, penulis perjalanan melakukan hal ini. Dengan begitu, perjalanan Anda tidak akan membosankan. Kemudian, ambillah jalan memutar atau berhenti di mana saja jika ada hal menarik.