Aplikasi Thumbstory untuk Menulis Cerita

By , Jumat, 3 Januari 2014 | 13:21 WIB

Suka membaca atau suka menulis cerita? Atau Anda ingin berbagi cerita dengan teman, kenalan, bahkan keluarga tercinta?

Cara yang paling mudah, Anda dapat memanfaatkan aplikasi Thumbstory! Aplikasi yang dikembangkan oleh Gramedia Majalah ini merupakan sebuah aplikasi mobile yang khusus dirancang bagi mereka yang menggemari cerita.

Sesuai dengan namanya, thumb (jempol) dan story (cerita), aplikasi ini fokus pada cerita yang dibuat dengan menggunakan jempol, alias (ditulis) melalui perangkat mobile. Karena ditulis melalui perangkat mobile, setiap cerita pun memiliki batasan hanya 300 - 5.000 kata saja, layaknya cerita pendek.

Terdapat lima kategori pilihan yang tersaji di dalam aplikasi ini, yaitu Comedy, Romance, Thriller, Adventure dan Sci-Fi, serta satu kategori bebas (Other) yang bisa Anda pilih. 

Setelah selesai menulis, Anda juga bisa membuat sampul muka alias cover sendiri dari tulisan yang Anda buat. Caranya mudah, Anda dapat memilih salah satu gambar yang sudah disediakan untuk dijadikan cover atau mengambil koleksi foto pribadi di Instagram.

Selanjutnya, cerita yang sudah selesai ditulis dan dilengkapi dengan judul, genre, serta cover tersebut siap dipublikasikan, juga disebarkan melalui jejaring sosial. Dengan begitu, cerita yang telah Anda tulis bisa dibaca oleh semua orang, termasuk mereka yang tidak memiliki akun Thumbstory. 

Jika sebelumnya aplikasi Thumbstory ini hanya bisa diunduh melalui perangkat Android dan iOS, sekarang Thumbstory sudah hadir di marketplace untuk perangkat Windows Phone 8 dan tersedia untuk region Indonesia.