Makam Pembuat Bir 3200 Tahun Lalu Ditemukan

By , Senin, 6 Januari 2014 | 13:00 WIB

Arkeolog menemukan makam pembuat bir pada masa Mesir Kuno.

Makam dari Khonso Em Heb, pembuat bir yang hidup 3.200 tahun lalu, ditemukan oleh tim ilmuwan dari Jepang dan dideskripsikan sebagai salah satu penemuan paling penting di situs Thebes, kota Luxor.

Mohamed Ibrahim dari Kementerian Kepurbakalaan Mesir mengatakan, Khonso Em Heb adalah kepala pembuat bir untuk dewa kematian.

Mendeskripsikan makam Khonso Em Heb, Ibrahim menjelaskan bahwa makam tersebut memiliki desain dan warna yang menakjubkan, mencerminkan keseharian pemiliknya serta ritual keagamaan yang dijalankan.

Salah satu dekorasi makam itu berupa pahatan yang menunjukkan Khonso Em Heb sedang memberikan persembahan pada dewa bersama istri dan anak perempuannya.

Jiro Kondo dari Waseda University, kepala tim penggalian dari Jepang, mengatakan, arkeolog menemukan makam itu ketika tengah membersihkan makam lain milik pejabat tingkat tinggi dari masa King Amenhotep III, dinasti ke 18.

Makam yang baru ditemukan, seperti diberitakan Daily Mail, Sabtu (4/1), itu kini dijaga ketat hingga proses ekskavasinya selesai.