Berikut Ini yang Buat Penumpang Pesawat Bahagia

By , Senin, 13 Januari 2014 | 08:27 WIB

Tidak semua orang bisa nyaman saat naik pesawat. Oleh karena itu, J.D. Power & Associates melakukan survei kepuasan yang melibatkan 11.800 penumpang pesawat.

Dari survei tersebut diketahui beberapa hal utama yang menjadi faktor kepuasan penumpang saat ada di pesawat.

1. Keramahan pramugariPenumpang yang disambut dengan senyum hangat pramugari melaporkan kepuasan dengan skor antara 105 dan 211 poin lebih tinggi ketimbang yang tidak mendapatkan sambutan hangat. Tentu saja!

2. Kursi yang lebih besarPenumpang lebih memilih kursi berukuran lebih besar, dengan ruang lebih luas untuk kaki, dan kursi bisa digunakan untuk berbaring. Posisi kursi yang "terjepit" di baris tengah juga tercatat mengganggu kenyamanan penumpang.

3. Wi-Fi dalam pesawatTeknologi in-flight Wi-Fi dalam pesawat membuat penumpang lebih happy. Angka kepuasannya 39 poin lebih tinggi dibanding terhadap pesawat tanpa fasilitas Wi-Fi.

4. Bonus tambahanPara penumpang tetap mengaku sangat senang jika disediakan bonus tambahan. Misalnya, makanan dan minuman gratis. Seperti kita ketahui, fasilitas ini yang pertama dicabut saat kita bepergian dengan pesawat harga ekonomis (budget flight). Yang namanya penumpang, ya kalau mungkin maunya mendapat tiket murah, tempat duduk nyaman, dan bisa memperoleh makanan dan minuman pula!