Rasa Pahit, Manfaat Selangit

By , Rabu, 15 Januari 2014 | 13:45 WIB

Kebanyakan orang tidak menyadari kalau makanan pahit yang dikonsumsi bertindak sebagai pembersihan alami bagi tubuh seperti menghilangkan racun. Kenyataannya, kita cenderung menyingkirkan rasa pahit dan tergantikan asupan yang lebih menggoda seperti gula dan garam.

Makanan pahit tertentu dapat membantu meningkatkan cairan pencernaan yang mendukung pencernaan makanan. Semakin baik makanan dicerna, maka semakin banyak nutrisi yang diserap oleh tubuh sehingga semakin bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa makanan pahit yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan.

Pare. Mengandung zat yang bisa membantu perubahan glukosa menjadi energi. Juga kaya akan vitamin, mineral dan serat makanan, pare membantu memulihkan dari kondisi toksemia, kolera, diabetes mellitus, gangguan mata, gangguan tidur, sembelit, masalah pernapasan, dan meningkatkan stamina. Ini juga memurnikan darah sehingga membuat kulit lebih bercahaya.

Tanaman hijau pahit. Dandelion, kale, serta lobak, memiliki fitonutrien unit yang tidak hanya melindungi hati tetapi juga mengontrol kolesterol, gula darah, dan memetabolisme lemak. Dandelion hijau yang kaya vitamin A, C, K, dan kalsium, paling dicari karena memberikan rasa unik pada salad dan pasta.

Kunyit. Dikenal sebagai rempah-rempah yang penting, kunyit memiliki kemampuan penyembuhan yang luar biasa. Mungkin rasanya pahit dan agak pedas, kunyit membantu memurnikan darah, mencegah batu empedu, dan menjaga perut sehat, sistem pencernaan, usus, dan hati.

Bubuk kakao. Makan cokelat tanpa pemanis, adalah yang baik untuk kesehatan. Dalam bubuk kakao terkandung tembaga, mineral penting bagi tubuh. Makanan pahit ini juga mengatur tekanan darah, menunjang pembuluh darah, dan fungsi sel darah.

Artichoke. Meskipun pahit, tapi merupakan sumber insulin alami. Makanan ini membantu mengontrol kadar gula darah pada pasien diabetes. Mengandung komponen yang tidak hanya merangsang sekresi lambung tetapi juga merupaka obat yang baik untuk pencernaan.

Jinten. Jinten pahit kaya vitamin E yang membantu membuat kulit sehat dan terlihat muda. Sumber serat makanannya membuat tidur nyenyak. Jinten mempertahankan asetilkolin di otak yang menyimpan memori. Rempah-rempah ini juga mendorong kekebalan tubuh.

Biji wijen. Merupakan sumber yang baik dari mangan, tembaga, kalsium, magnesium, besi, dan fosfor yang mengurangi rasa sakit rheumatoid arthritis, melindungi sel usus besardari kanker, dan mencegah tekanan darah tinggi.

Terong. Terong memiliki rasa dan tekstur yang unit, tetapi memberikan fitonutrien, yang berisi komponen seperti nasunin dan asam klorogenat. Merupakan sumber yang baik untuk membangun tulang vitamin K, tembaga, vitamin C, vitamin B6, folat, dan niasin. Terong juga meningkatkan aliran darah. Serat di dalamnya baik untuk menurunkan berat badan.

Kale. Kaya akan vitamin A, vitamin C, kalsium. Memiliki kandungan antioksidan yang kuat seperti karotenoid dan flavonoid yang membantu melindungi tubuh terhadap kanker. Juga merupakan makanan detoks yang membuat hati dalam kondisi pahit.

Nah, selalu pastikan menambahkan makanan pahit dalam diet Anda untuk hidup sehat.