Hujan Lebat Masih Akan Guyur Jakarta Hingga Februari

By , Minggu, 19 Januari 2014 | 11:05 WIB
()

Hujan lebat diprediksi masih akan mengguyur Kota Jakarta hingga awal Februari 2014 mendatang. Warga pun diharapkan dapat mempersiapkan diri menghadapi kondisi cuaca tersebut.

"Intensitas hujan tertinggi akan terjadi antara minggu terakhir Januari dan awal Februari," kata Kepala Pusat Metereologi Publik BMKG Mulyana R Prabowo di Jakarta, Sabtu (18/1). 

Tingginya curah hujan diperkirakan masih akan membuat sejumlah lokasi di Jakarta terendam banjir. 

Namun, dalam kondisi seperti saat ini, BMKG memberikan peringatan dini kepada warga khususnya yang tinggal di kawasan Jakarta Utara. 

Pada awal tahun 2014, hujan lebat berakibat pada banjir yang melanda beberapa wilayah Ibu Kota. Banjir di wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara (19/1). (Gloria Samantha/NGI)

Seperti diketahui, wilayah Jakarta Utara kerap jadi wilayah langganan banjir. Bukan hanya karena faktor intensitas curah hujan yang tinggi, tetapi juga akibat naiknya pasang air laut.  

Baca di: Malam Bulan Purnama, Waspadai Banjir Rob di Jakarta 

Mulyana mengatakan, pada 13-16 Januari 2014 lalu, pasang air laut kembali terjadi di wilayah Jakarta Utara. Namun untuk saat ini, kondisi permukaan air laut diprediksi menurun. 

Sementara itu, ia menambahkan, jika pasang air laut diperkirakan akan terjadi kembali terjadi pada 20-21 Januari 2014 mendatang. Akan tetapi pasang yang terjadi masih dalam kondisi terendahnya. "Nanti diperkirakan akan naik lagi sekitar 27-28 Januari 2014," katanya.  

Kepala BNPB Syamsul Ma'arif mengatakan, akibat hujan yang terjadi sepekan terakhir di Jakarta, setidaknya tercatat 10.530 warga DKI mengungsi. Para pengungsi tersebut tersebar di 97 titik pengungsian yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.