Hutan Pascakebakaran, Ditanami Kembali atau Tidak?

By , Rabu, 22 Januari 2014 | 15:30 WIB

Kebakaran hutan ternyata cenderung membawa kebaikan bagi sebagian spesies, meskipun memusnahkan spesies lain. Ini catatan Ryan Burnett, ahli biologi burung yang telah mempelajari kehutanan di Sierra Nevada 14 tahun terakhir dengan kelompok pelestari lingkungan yang berbasis di California, Point Blue.

Black backed woodpacker (burung pelatuk punggung hitam) misalnya, menurutnya adalah "Spesialis pascakebakaran yang mengambil untung dari kebakaran yang benar-benar ganas." Penelitiannya menunjukkan, bahwa populasi burung pelatuk meningkat secara dramatis setelah kebakaran yang membunuh sejumlah besar pohon. Bagaimana bisa?

"Bila pohon mati, kumbang pengebor kayu datang dan bertelur di dalamnya," Burnett menjelaskan, "Larva mereka makan kayu dan menjadi sebesar belatung lezat. Pelatuk sangat lahap memakan mereka."

Burung pelatuk membutuhkan pohon mati yang masih berdiri dengan kepadatan  tinggi sekitar 200-300 per hektare,” kata Burnett. "Pedoman Dinas Kehutanan hanya menyebutkan 4-5  pohon mati per hektare. Jadi, kami telah menyampaikan pada mereka agar mengatur tempat untuk spesies ini, membiarkan beberapa daerah bekas kebakaran sama sekali tak tersentuh. Pohon akhirnya akan tumbuh di daerah-daerah yang terbakar, tapi itu akan menjadi habitat berharga bagi pelatuk selama 10-20 tahun.”

Meninggalkan daerah yang terbakar hebat agar menjadi hutan kembali dengan sendirinya memang berlawanan dengan pengelolaan hutan pascakebakaran umumnya. "Masyarakat melihat pohon mati dan berpikir pengelola hutan tidak mengerjakan tugasnya dengan baik,” kata Burnett. Tapi penelitian ini menunjukkan, bahwa “tempat di mana orang tidak menanam banyak pohon segera memiliki keanekaragaman burung yang lebih tinggi."

Beberapa daerah yang rusak oleh Rim Fire kemungkinan akan ditanami kembali dalam waktu dekat. Burnett berharap ilmu yang ia tekuni akan membantu menginformasikan jenis pohon mana yang sebaiknya dipilih untuk ditanam kembali di daerah tertentu agar menjadi habitat hutan terkaya. Kebakaran hutan ternyata membuka kesempatan pemulihan species tertentu di suatu daerah. Spesies tertentu mengandalkan kebakaran untuk  membuka hutan. Aneh tapi nyata.