Kaspersky Lab Raih Posisi Leader dalam Gartner Magic Quadrant

By , Senin, 3 Februari 2014 | 10:00 WIB

Kaspersky Lab meraih posisi “Leader” dalam Gartner 2014 Magic Quadrant for Endpoint Protection Platforms. Tahun ini adalah tahun ketiga secara berturut turut Kaspersky Lab menjadi “Leader” dalam Gartner Magic Quadrant.

Kaspersky Lab percaya bahwa laporan terbaru Gartner ini sekali lagi mempertegas status Kaspersky Lab sebagai provider teratas solusi perlindungan endpoint.

Gartner Magic Quadrant adalah laporan riset pasar tahunan yang dilakukan berdasarkan analisis kompleks atas platform perlindungan endpoint dari 18 vendor keamanan IT. Laporan ini bisa digunakan sebagai tolok ukur perusahaan yang ingin mengevaluasi para vendor dan produk-produk keamanan IT. Laporan ini juga memainkan peran penting terhadap keputusan untuk membeli produk tersebut secara global.

Gartner mengevaluasi vendor berdasarkan dua kategori: “completeness of vision” atau kesempurnaan visi dan “ability to execute” atau kemampuan eksekusi. “Kesempurnaan visi” mencakup 8 kriteria evaluasi yaitu: pemahaman terhadap pasar, strategi pemasaran, strategi penjualan, strategi penawaran, model bisnis, strategi vertikal/industri, inovasi, dan strategi geografis. Kriteria “kemampuan eksekusi” meliputi faktor-faktor seperti viabilitas vendor secara keseluruhan, kemampuan responsif/rekam jejak pasar, operasional, eksekusi pasar/harga, eksekusi pemasaran dan pengalaman pelanggan.

Para vendor yang dievaluasi dalam penelitian Magic Quadrant dikategorikan ke dalam empat kelompok yaitu: “Leaders”, “Challengers”, “Visionaries”, dan “Niche Players”. Kelompok “Leaders” menunjukkan keseimbangan antara kemajuan dan upaya dalam kategori eksekusi dan visi.

Kemampuan kelompok ini dalam perlindungan malware tingkat lanjut, perlindungan data dan/atau fitur manajemen telah meningkatkan batas kompetitif untuk semua produk di pasar, dan kelompok ini adalah kelompok pembentuk arah industri. Berdasarkan kriteria-kriteria di atas, Kaspersky Lab berhasil masuk dalam kelompok “Leaders” secara tiga tahun berturut turut. Kaspersky Lab terus meningkatkan posisinya di grafik Gartner dan berada di posisi kedua terbaik dalam hal “kesempurnaan visi” di antara perusahaan lain dalam kelompok “Leaders” Magic Quadrant.

Solusi keamanan andalan Kaspersky Lab, Kaspersky Endpoint Security for Business, telah diakui oleh berbagai perusahaan dan pimpinan IT sebagai solusi yang tidak hanya memberikan pendeteksian malware yang akurat dan cepat, tetapi juga mengintegrasikan berbagai tools client management ke dalam konsol manajemen tunggal.

Beberapa dari fungsi manajemen keamanan ini mencakup analisis kerentanan, patch management, inventarisasi aplikasi, kontrol aplikasi, MDM, serta enkripsi di level file dan enkripsi full-disk yang dikelola secara terpusat, dengan otentikasi preboot untuk hard drive dan perangkat lain yang bisa dipindahkan.

“Ambisi kami adalah untuk mewujudkan dunia maya yang aman dan nyaman dengan cara memberikan perlindungan terbaik kepada klien kami, dan kami percaya posisi terbaru kami dalam Gartner Magic Quadrant menunjukkan bahwa kami berada di jalur yang benar. Ini adalah pencapaian yang luar biasa bagi kami dan saya rasa ini menunjukkan bahwa strategi jangka panjang kami dalam berinvestasi penuh pada teknologi dan kepakaran terus memberikan hasil yang menakjubkan. Sangatlah menggembirakan melihat bahwa upaya yang kami lakukan diakui oleh periset pasar IT terdepan di dunia,” papar Nikolay Grebennikov, Chief Technology Officer, Kaspersky Lab.