Uji Kamera Lumia 1020, Nokia Gandeng Komunitas Fotografi

By , Rabu, 5 Februari 2014 | 08:59 WIB

Memotret menggunakan kamera smartphone sedang menjadi tren saat ini. Dengan kamera utama yang terpasang di bagian belakang smartphone, Anda bisa membidik objek yang sangat menarik di hadapan Anda, entah itu foto yang menggambarkan aktivitas di jalan maupun saat di restoran untuk memotret makanan. Salah satu ponsel pintar yang yang dapat menemani Anda untuk aktivitas tersebut adalah Lumia 1020.

Lumia 1020 adalah salah satu ponsel andalan Nokia. Kemampuan kamera ponsel ini sudah diakui banyak pihak, termasuk fotografer profesional.

Untuk mempromosikan kemampuan Lumia 1020, Nokia getol mengadakan acara fotografi, termasuk pelatihan. Belum lama ini, mereka menggelar workshop bertema "Revolusi Kamera Smartphone" dengan pembicara Arbain Rambey, fotografer harian Kompas dan Anvid Erdian, Product Manager Nokia.

Dalam paparannya, Arbain mengatakan, kehadiran ponsel kamera dengan resolusi tinggi sangat membantu pengguna untuk mendapatkan hasil objek yang berkualitas. Sekarang ini, jurnalis dan fotografer merasa cukup hanya membawa kamera ponsel dengan resolusi tinggi, ketimbang membawa kamera DSLR.

Lebih lanjut, fotografer senior ini juga mengatakan, ke depan hanya akan ada tiga segmentasi kamera, yaitu DSLR yang masuk ke segmen studio, Kamera Mirrorless yang akan menggantikan fungsi DSLR dan kamera prosumer serta poket akan hilang digantikan dengan kamera yang terpasang utuh di smartphone.

"Revolusinya, smartphone kamera akan menggeser dan menggantikan kamera poKet," kata Arbain.

Dari pengamatannya, Arbain melihat setidaknya ada tiga hal dalam kamera Lumia 1020. Pertama, terjadi revolusi pada resolusi kamera yang mencapai 41 MP. Kedua, kualitas warna yang dihasilkan sangat bagus dan terakhir, mutu dan kualitas lensanya tidak main-main alias tajam karena ditunjang dengan Carl Zeis.

Pentingnya Komunitas

Sementara itu, Anvid Erdian menekankan pentingnya edukasi kepada komunitas. Dalam hal ini, lanjut Anvid, komunitas fotografi menjadi salah satu target untuk merasakan keandalan Lumia 1020.

"Dengan forum Community Chat seperti ini para peserta yang hadir benar-benar bisa melakukan experience dan mencoba kecanggihan Lumia 1020. Banyak fitur kamera yang dimiliki Lumia 1020, namun tidak dimiliki smartphone lainnya," kata Anvid.