Tyrannosaurus Menggigit Wajah Lawannya Saat Sedang Berkelahi

By Agnes Angelros Nevio, Sabtu, 11 September 2021 | 07:00 WIB
Ilustrasi tyrannosaurus sedang berkelahi dan menggigit wajah. (Live Sciece)

Nationalgeographic.co.id-Tyrannosaurus dengan kejam menggigit wajah satu sama lain, meskipun tidak dengan niat untuk membunuh. Sebaliknya, perkelahian menggigit ini mungkin merupakan hasil dari persaingan individu yang berbeda untuk mendapatkan hadiah, seperti wilayah, pasangan, atau status yang lebih tinggi, temuan sebuah studi baru.

Peneliti membuat kesimpulan tersebut setelah menganalisis 202 tengkorak dan rahang tyrannosaurus yang memiliki total 324 bekas luka. Hampir segera, tim menyadari bahwa tyrannosaurus muda tidak memiliki bekas gigitan di wajah mereka. Sebaliknya, sekitar setengah dari tyrannosaurus yang lebih tua memilikinya, menunjukkan bahwa mungkin hanya anggota yang lebih tua dari satu jenis kelamin yang ikut serta dalam perkelahian ini.

“Secara keseluruhan, kita dapat menyimpulkan bagaimana hewan-hewan ini bertarung,” pemimpin peneliti studi Caleb Brown, seorang kurator di Museum Royal Tyrrell di Alberta, Kanada, dilansir dari Live Science. "Mereka kemungkinan besar sedang memosisikan dan mengukur satu sama lain, lalu mencoba untuk saling memegang kepala satu sama lain di antara rahang mereka."

Tyrannosaurus adalah sekelompok dinosaurus pemakan daging yang mendominasi sebagai predator di Asia dan Amerika Utara selama 20 juta tahun terakhir dari periode Kapur (145 juta hingga 66 juta tahun yang lalu).

Baca Juga: Ulughbegsaurus uzbekistanensis, Meruntuhkan Kegarangan Tyranosaurus

Proyek ini dimulai dengan penemuan spesimen tyrannosaurus tunggal: tulang rahang atas yang ditemukan di Taman Provinsi Dinosaurus Alberta pada tahun 2017. Analisis rahang mengungkapkan bahwa ia memiliki serangkaian "bekas luka panjang yang melengkung di sisi tulang," ujar Brown. "Ini kemungkinan bekas gigi dari tyrannosaurus lain yang telah sembuh, membentuk tonjolan yang seperti ini."

Tengkorak Tyrannosaurus sering memiliki banyak bekas luka. Namun tidak ada yang memeriksa sejumlah besar bekas luka ini untuk menganalisa secara sistematis. Jadi, Brown dan rekan-rekannya mulai mendokumentasikan kejadian, bentuk, dan detail lain tentang bekas luka ini pada tengkorak tyrannosaurus, termasuk pada Albertosaurus,, Daspletosaurus, dan Gorgosaurus.

Bekas luka wajah sangat umum, tim menemukan. Bekas gigitan ditemukan pada sekitar 50% tyrannosaurus besar (tetapi belum dewasa) dan sekitar 60% tyrannosaurus ukuran dewasa. Selain itu, bekas luka cenderung muncul di tulang rahang atas dan bawah, termasuk bekas tusukan gigi dan bekas luka memanjang.

Tim menentukan seberapa besar "korban" dan "penggigit" dengan membandingkan jarak antara gigi mereka, menurut tengkorak dan bekas gigitan pada mereka. "Hewan-hewan itu umumnya berukuran sama, yang berarti itu bukan situasi David-versus-Goliath," kata Brown.

Baca Juga: Pertama Kali, Ahli Paleobiologi Deskripsikan Alat Kelamin Dinosaurus

Data ini menunjukkan bahwa tyrannosaurus "tidak melakukan perilaku ini ketika mereka masih muda, dan hanya dimulai ketika mereka sekitar setengah dewasa, dan hanya melakukannya dengan hewan dengan ukuran yang sama," kata Brown. Selain itu, prevalensi bekas luka yang buruk, tetapi umumnya tidak mematikan ini menunjukkan bahwa tyrannosaurus yang lebih tua berkelahi satu sama lain secara teratur, katanya.

Hewan modern juga bertarung dengan jenisnya sendiri, seringkali setelah mereka dewasa secara seksual. "Hewan-hewan ini cukup tua untuk bereproduksi dan sedang menguji air untuk melihat bagaimana peringkat mereka dibandingkan dengan saingan atau bagaimana mereka menilai perbandingan dengan calon pasangan," kata Brown. Tyrannosaurus mungkin juga mulai berkelahi satu sama lain seputar kematangan seksual, "Tapi ini sangat sulit untuk diuji, jadi kami tidak benar-benar tahu," tambahnya.

Hampir tidak mungkin untuk menentukan jenis kelamin dinosaurus. Kecuali dinosaurus mati saat hamil atau bertelur, para ilmuwan tidak bisa membedakan betina dari jantan.

"Kami juga tidak tahu apakah (perilaku menggigit) itu hanya dilakukan laki-laki, perempuan, atau keduanya, tetapi menarik untuk mempertimbangkan skenario yang mungkin, terutama jika kami menjadi lebih baik dalam menentukan jenis kelamin dinosaurus di masa depan," kata Brown.