Los Penitentes, Surga Wisata Ski

By , Jumat, 28 Februari 2014 | 17:54 WIB

Los Penitentes adalah sebuah resor ski yang terletak di Provinsi Mendoza, Argentina. Tempat ini terletak sekitar 180 kilometer dari ibukota yang juga bernama Mendoza. Resor ini terletak di rangkaian Pegunungan Andes, yang jauhnya 25 kilometer dari perbatasan Argentina dan Cili.

Emilio López Frugoni seorang warga Mendoza, membangun resor pada 1978. Setahun kemudian, tempat ini mulai resmi dibuka sebagai resor ski. Dari luasan awal sekitar 50 hektare, tempat ini kini telah berkembang menjadi 300 hektare.

Sebanyak 1.950 orang bisa ditampung untuk berlibur di tempat yang menyediakan beragam fasilitas, termasuk sekolah ski dan pusat perbelanjaan ini. Di tempat bernama snow garden, anak-anak kecil bisa berlatih ski dengan instruktur ditemani pula dengan guru taman kanak-kanak.

Los Penitentes memiliki 25 lintasan ski dengan panjang dan tingkat kesulitan beragam bagi para pemula hingga peski ahli. Selain berski, aktivitas yang dapat dilakukan di sini adalah snowboarding, dan berski dengan heli. Waktu terbaik untuk berlibur di tempat ini adalah mulai dari pertengahan Juni hingga akhir Agustus.

Namun di musim panas, tempat ini amat sunyi bagaikan kota zombie. Tim pendaki dari KMPA Eka Citra, Universitas Negeri Jakarta, menyaksikannya sendiri saat melewati kota ini pada awal 2014 dalam perjalanan pendakian mereka menuju Gunung Aconcagua, di Majalah National Geographic Traveler edisi Maret 2014.