Tingkat Kematian Bayi Tertinggi Ada di Pakistan

By , Senin, 3 Maret 2014 | 12:00 WIB

Menurut riset baru yang diterbitkan yayasan amal Inggris, Save the Children, lebih dari satu juta bayi meninggal di seluruh dunia setiap tahun pada hari pertama kehidupan mereka.

Laporan Ending Newborn Deaths, mengatakan selama tahun 2012 tingkat kematian hari pertama dan lahir meninggal di Pakistan adalah yang tertinggi, yaitu 40.7 per 1.000 kelahiran disusul oleh Nigeria (32.7), Sierra Leone (30.8), Somalia (29.7), Guinea-Bissau (29.4) dan Afghanistan (29.0).

Seorang pejabat Save the Children yang bekerja di Pakistan mengatakan kepada VOA bahwa Pakistan harus berbuat lebih banyak untuk menyelamatkan bayi-bayi yang baru lahir.

(Baca juga Di Indonesia, Kematian Bayi Saat Lahir Menurun dan Penyebab Kematian Ibu adalah Tiga Ancaman Ini)

Di Pakistan kurang dari separuh perempuan mendapat bantuan petugas kesehatan yang terampil ketika melahirkan. Laporan itu mengatakan upaya-upaya untuk memperbaiki hal ini masih terhalang oleh tertundanya pembayaran upah, tidak tersedianya obat-obatan, tidak ada dan tidak berfungsinya peralatan serta sistem rujukan yang tidak bermanfaat.

Menurut laporan itu, sebanyak 86 bayi meninggal dibawah usia lima tahun per setiap 1.000 bayi yang lahir selamat di Pakistan selama tahun 2012.