Nepal Wajibkan Pendaki Bawa Turun Sampah Everest

By , Selasa, 4 Maret 2014 | 09:05 WIB
()

Pemerintah Nepal mengatakan semua pendaki dan seluruh tim pendukung yang mendaki Gunung Everest diharuskan mengangkut sampah delapan kilogram ketika turun gunung. 

Seorang pejabat pemerintah, Madhusudan Burlakoti, mengatakan bahwa peraturan baru akan berlaku bagi semua orang yang mendaki di atas kemah induk Gunung Everest. 

Pos ini terletak di ketinggian 5.300 meter. Peraturan baru akan diterapkan mulai bulan April mendatang. 

Keputusan untuk menerapkan peraturan ini diambil setelah muncul keprihatinan meluas terkait polusi di dan sekitar gunung tertinggi di dunia ini. 

Wartawan BBC di ibu kota Nepal, Surendra Phuya, mengatakan gunung terkenal tersebut biasanya banyak dikunjungi para pendaki, khususnya selama musim pendakian Musim Semi mulai bulan depan. 

Nepal mengeruk pendapatan besar dari pendakian gunung yang pertama kali ditaklukkan oleh Edmund Hillary dan Tenzing Norgay pada 1953. (Baca juga Mendaki Everest Sekarang Lebih Murah)

Para pendaki diharuskan membawa sampah turun ke pos pengumpulan yang akan didirikan di pangkalan. 

Dawa Sherpa, seorang manajer ekspedisi perusahaan Asian Trekking, menyambut keputusan pemerintah karena akan membantu menjaga kebersihan gunung, seperti dilaporkan kantor berita AFP. 

Sebelumnya Kantor Pariwisata Nepal mengumumkan penempatan tim pemerintah di kemah induk guna mengawasi dan membantu para pendaki, mengatur pendakian, menyiapkan upaya penyelamatan, serta melindungi lingkungan.