Sebulan Jelajah Sabang – Merauke

By , Selasa, 11 Maret 2014 | 09:58 WIB
()

Menjelang tengah hari, Minggu kemarin (9/3), Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan mengibarkan bendera finish kepada tiga tim yang menjelajahi Nusantara sekitar satu bulan lewat kegiatan bertajuk Avanzanation Journey 2014. Ketiga tim ini dibagi berdasar wilayah di Kepulauan Indonesia yang mereka eksplorasi lewat perjalanan darat menggunakan kendaraan Toyota Avanza, yaitu Tim Barat dengan cakupan Sumatra, termasuk Kilometer Nol Indonesia di Sabang, Pulau Weh. Sedang Tim Tengah melingkupi Kalimantan dan Tim Indonesia Timur yang mendatangi Merauke dan garis perbatasan wilayah Republik Indonesia dengan Papua Nugini, Sulawesi, Bali serta Jawa.

Setelah kick-off di Banda Aceh serta Merauke sekitar sebulan silam, penjelajahan Avanzanation Journey berakhir kemarin dengan finish di lapangan parkir Auto 2000 Dr Saharjo, Tebet, Jakarta. Tentu, begitu banyak cerita bisa dibagikan para peserta, termasuk dari kru National Geographic Traveler yang ikut serta dalam acara kick-off di Merauke dan Banda Aceh, Sabang, Pontianak, Samarinda, Banjarmasin, Balikpapan, Pulau Dewata, Gorontalo, Palu serta Mamuju.

Paling tidak, ada beberapa pencapaian menarik dari kendaraan yang digunakan sehingga mencetak rekor antartim Avanzanation Journey. Seperti ketahanan kendaraan untuk melaju sekitar 20 jam di daerah yang dikenal sebagai jalur poros Kebon Kopi, penghubung Palu dengan Mamuju. “Mobil  tidak mengalami kendala, justru kami yang menyerah, tidur di kantor polisi untuk beristirahat,” ujar Kang Adhe, fixer sekaligus road captain Tim Indonesia Timur.

Sementara dari Tim Barat, jalur Palembang menuju Krui yang terkenal sebagai pantai peselancar dunia di Lampung Barat ditempuh sekitar 17 jam melintasi rute koridor Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). “Dan sepanjang perjalanan ini kami menemukan, betapa Sumatra adalah pulau yang begitu kaya ragam budaya,” imbuh Syahru Rama, PIC Avanzanation Journey Tim Barat.

Busana Tim Barat yang mengandung unsur songket Palembang dan kain tapis Lampung. National Geographic Traveler bergabung bersama mereka, menempuh rute lebih dari 600 kilometer (Foto: Istimewa)

Dalam seremoni penyambutan, ketiga tim Avanzanation Journey menyerahkan cendera mata khas dari daerah yang didatangi kepada Johnny Darmawan, lantas beliau sampaikan sambutan, berlanjut dengan konferensi pers dan santap siang. Tidak kalah menarik adalah penampilan para peserta. Meski tetap mengenakan kaus tim, setiap anggota menghadirkan sentuhan busana daerah yang didatangi. Seperti Tim Barat dengan kain tapis Lampung, selendang Palembang serta penutup kepala kain, Tim Tengah dengan penutup kepala khas Dayak serta Tim Indonesia Timur mengenakan  sarung Bali serta blangkon Yogyakarta.

Pendek kata, inilah hari di mana para peserta Avanzanation Journey 2014 dan para undangan merayakan kebinekaan Indonesia serta mensyukuri perjalanan produk Toyota Avanza yang telah berusia 10 tahun dalam masa produksinya.