Kabar Gembira, Anak Harimau Sumatra Baru Lahir di Kebun Binatang London

By , Kamis, 13 Maret 2014 | 17:03 WIB

Kabar gembira ini datang setelah kematian anak harimau sumatra enam bulan lalu. Harimau sumatra betina usia lima tahun bernama Melati, telah melahirkan tiga ekor anak di Kebun Binatang London.

Seluruh proses kelahiran dimonitor dengan kamera tersembunyi, pada 3 Februari lalu, setelah sang induk mengandung selama 106 hari. Pihak kebun binatang belum mengetahui jenis kelamin tiga anak tersebut.

Anak-anak harimau ini tetap bersama Melati dalam sebuah kandang khusus yang memungkinkan sang induk kadang-kadang berkeliaran jauh dari bayinya untuk mencari makan.

Penjaga kebun binatang Teague Stubbington mengatakan, "Kami tidak bisa lebih senang dengan pendatang baru kami, dan dengan cara Melati mengasuh tiga anaknya."

"Kami mengamati mereka secara 24/7, dan salah satu dari kami selalu bertugas untuk mengawasi anak-anak itu sepanjang malam. Kami bahkan telah mampu mengamati peristiwa penting seperti membuka mata mereka dan tentatif langkah pertama mereka."

"Kami telah menamai satu bayi Trouble, karena dia jauh lebih berani dari yang lain," ungkapnya, Dia adalah anak pertama yang memulai menjelajahi sarangnya, dan kami telah melihat dia bangun ketika dua saudaranya masih tertidur."

Pada tahun 1970-an, ada sekitar 1.000 harimau sumatra di alam liar, tetapi sekarang dipercaya jumlahnya menurun drastis menjadi sekitar 300 ekor.

Lihat: Lima Fakta tentang Harimau Sumatra