Manifestasi Jokowi Menata Pariwisata Jakarta

By , Senin, 17 Maret 2014 | 07:28 WIB

Perkembangan pariwisata Jakarta merupakan salah satu yang tengah digenjot saat ini. Bila terwujud, Jakarta akan berkembang jadi destinasi unggulan yang ramah pelancong.

Tak hanya itu, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Joko Widodo, memiliki misi untuk menjadikan Ibukota sebagai “tuan rumah” kebudayaan seantero Nusantara.

Apa saja terobosan yang hendak dilakukan Pemprov di bawah komando Jokowi? Beberapa berikut ini di antaranya.

  1. Rencana ke depan adalah merevitalisasi kawasan Kota Tua agar dapat menjadi salah satu ikon. Ini telah diawali dengan gelaran Fiesta Fatahillah, yang diadakan tanggal 13 sampai 16 Maret lalu. Jokowi cukup optimis bahwa kita memiliki Kota Tua yang sangat potensial.
  2. Tahun 2014 ini juga akan mulai ditaruh selebaran (brosur) seputar ragam tempat dan aktivitas wisata Jakarta di bandara-bandara di semua kota.
  3. Menurut Jokowi, dari banyaknya festival sepanjang tahun lalu, mau diangkat sisi budaya, yang merupakan wajah lain Jakarta. “Kalau ada event-event besar, DKI sudah seharusnya jadi tuan rumah,” tuturnya.
  4. Kemungkinan pula Jakarta diarahkan menjadi sebuah kota festival tertentu.
  5. Target untuk pariwisata Kota Jakarta yang utama apalagi kalau bukan membenahi infrastruktur — fasilitas transportasi. Jokowi mengatakan Jakarta membutuhkan moda transportasi massal. Perihal ini merupakan prioritas pemerintah.

* Baca wawancara selengkapnya dengan Joko Widodo di "EMPAT MATA" National Geographic Indonesia Traveler - April 2014