Agar Lemari Es Tetap Hemat Energi

By , Selasa, 18 Maret 2014 | 20:07 WIB

Lemari es menghabiskan energi paling besar di antara peralatan rumah tangga lainnya.

Berdasarkan pernyataan EECCHI (Energy Efficiency and Conservation Clearing House Indonesia), selain karena daya listrik yang digunakan cukup besar, penyebab lemari es dikategorikan sebagai peralatan dengan energi besar adalah karena lemari es dihidupkan sepanjang waktu. Berbeda dengan peralatan elektronik lainnya yang hanya digunakan di saat-saat tertentu.

Pengaruh Ukuran dan Tipe

Di pasaran Anda dapat menemukan lemari es dengan berbagai ukuran dan tipe. Umumnya lemari es memiliki kapasitas mulai  100-800liter. Sedangkan tipenya secara umum terbagi menjadi lemari es satu pintu dan dua pintu. Pada lemari es dua pintu, bagian pendingin dan bagian freezer memiliki pintu masing-masing.

Nyatanya, ukuran dan tipe lemari es berpengaruh dengan daya yang dibutuhkan oleh lemari es. Hizkia, Product Marketing Lemari Es PT. SHARP Electronics Indonesia mengatakan, ”Semakin besar ukuran lemari es, biasanya semakin besar pula daya yang dibutuhkan.”

Tipe lemari es juga berpengaruh. Lemari es satu pintu cenderung memakan banyak energi, karena pada lemari es tersebut, bunga es sangat mudah terbentuk. Bunga es dapat menyebabkan kerja lemari es semakin berat.

Didukung Fitur Pintar

Dengan semakin berkembangnya teknologi, kini lemari es juga didukung berbagai fitur hemat energi. Salah satunya ialah lemari es dengan teknologi inverter. Teknologi ini merupakan fitur pintar yang mendukung penghematan energi. Komponen inverter dapat memonitor temperatur di dalam kulkas dan mendeteksi jika keadaan berubah, kemudian meneruskannya ke kompresor. Dengan adanya inverter, kompresor akan bekerja sesuai kebutuhan sehingga lebih hemat listrik. Misalnya pada siang hari, kompresor pada lemari es yang memiliki inverter akan bekerja lebih maksimal, namun ketika berganti malam, komproser tidak akan bekerja seperti saat siang hari.

Selain itu, berdasarkan keterangan Rangga Purnama, Supervisor Visual Merchandising Panasonic, sekarang telah ada kulkas dengan lampu LED yang lebih hemat energi. Selain itu kulkas dengan fitur eco compressor mampu menghemat listrik hingga 30%, dan juga terdapat fitur microcontroller chip yang mengatur sistem pendinginan

Dengan daya listrik yang terbatas di rumah dan tuntutan untuk terus berhemat energi, kita memang harus lebih cermat dalam memilih dan bijak dalam memakai barang-barang elektronik. Semuanya kembali lagi ke kebiasaan dan perilaku kita. Sudahkah Anda hemat energi?