Kedekatan dengan Orangtua Buat Anak Percaya Diri

By , Jumat, 21 Maret 2014 | 18:08 WIB

Sebuah laporan menunjukkan bahwa ikatan emosional yang kuat antara anak dengan orang tua memiliki pengaruh besar terhadap pendidikan seorang anak.

Penelitian Sutton Trust mengatakan bahwa kemampuan anak-anak untuk berbicara, belajar, dan berpikir berawal dari kasih sayang orang tua, seperti dilaporkan wartawan BBC Hannah Richardson.

Para orang tua yang merasa dirinya tidak nyaman akan lebih sulit pula untuk memberikan kenyamanan kepada anak-anaknya, kata laporan itu.

Laporan ini juga meminta para orang tua untuk dapat lebih mengembangkan ikatan penting tersebut.

Studi ini memusatkan penelitian pada penerapan teori keterikatan—sebuah teori penting dalam perkembangan anak dan psikologi.

Teori ini menyebutkan bahwa kenyamanan dan ketangguhan anak-anak saat mereka tumbuh dewasa tergantung dari pengalaman awal dan ikatan antara ayah dan ibunya.

Tapi laporan dari sebuah badan amal pendidikan Sutton Trust yang berjudul Baby Bonds, mengatakan bahwa hal ini memiliki dampak penting terhadap masa depan pendidikan anak-anak serta emosional mereka.

Hal ini didasarkan pada analisis yang berjumlah lebih dari 100 studi tentang masalah ini, termasuk melakukan kunjungan rumah, penilaian dan pengamatan terhadap anak-anak di berbagai negara.

Keyakinan ini memperlihatkan bahwa meskipun para psikolog mengetahui teori keterikatan tersebut, tapi para pembuat kebijakan belum bisa melihat hal ini sebagai kunci utama dalam sebuah pencapaian pendidikan.