Serpihan yang Diduga Milik Malaysia Airlines Terlihat Tim Pencari Cina

By , Senin, 24 Maret 2014 | 13:27 WIB

Kru pesawat Cina melihat "sejumlah obyek mencurigakan" di Samudera Hindia bagian selatan dalam pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang. Kantor berita resmi Cina, Xinhua, melaporkan hal itu pada Senin (24/3).

Sejumlah benda "berwarna putih dan berbentuk persegi" terlihat oleh sejumlah kru di pesawat Ilyushin-76 Cina, menurut kantor berita itu. "Para kru telah melaporkan koordinat, yaitu 95,1113 Bujur Timur dan 42,5453 Lintang Selatan, ke pusat komando Australia serta kapal pemecah es Cina, Xuelong, yang sedang dalam perjalanan ke wilayah laut itu," lapor Xinhua.

Laporan Xinhua sebelumnya mengatakan, pesawat militer Cina berangkat pada Senin pagi dari kota Perth di Australia Barat, untuk mencari serpihan yang mungkin merupakan bagian dari pesawat yang hilang itu. Menurut tangkapan satelit, serpihan berada di perairan terpencil itu.

Pesawat Malaysia Airlines MH370 hilang dari radar sipil 16 hari lalu, setelah lepas landas hampir satu jam dari Kuala Lumpur dalam penerbangan ke Beijing. Sebanyak dua pertiga dari total 239 orang di pesawat Boeing-777 tersebut merupakan warga negara Cina.