Tim Pencari Segera Turunkan Robot Kapal Selatan

By , Senin, 14 April 2014 | 15:00 WIB

Koordinator pencarian pesawat MH370 mengaku bakal segera menurunkan robot drone, Bluefin 21, ke bawah laut.

Penerjunan Bluefin 21 ditempuh setelah tim pencari tidak lagi dapat menangkap sinyal yang diyakini sebagai sinyal kotak hitam MH370. Sinyal terakhir ditangkap enam hari lalu.

"Ocean Shield yang membawa alat pencari sinyal akan berhenti mencari hari ini. Kapal itu akan menerjunkan wahana nirawak di bawah laut sesegera mungkin. Kami belum mendeteksi satu sinyal pun dalam enam hari terakhir. Jadi saya pikir ini saatnya ke bawah laut," ujar Angus Houston, koordinator pencarian pesawat MH370 dalam konferensi pers di Perth, Australia.

Masa hidup normal baterai kotak hitam pesawat umumnya mencapai 30 hari. Adapun pesawat MH370 kini telah menghilang selama 38 hari.

Operasi 20 jam

Tim pencari meyakini kotak hitam MH370 berada sekitar 1.550 kilometer sebelah barat laut Kota Perth.

Menurut Houston, Bluefin 21 akan memampukan tim pencari untuk menciptakan peta sonar di dasar laut mengingat sinyal tidak lagi bisa dideteksi. Peranti buatan Amerika Serikat tersebut akan dioperasikan selama 20 jam sehari.

Bluefin 21 memiliki panjang 4,93 meter dan mengangkut pelacak sonar seberat 750 kilogram. Peranti itu dapat beroperasi di kedalaman 4.500 meter di bawah permukaan laut.