Pelayanan Kereta yang Belum Optimal Munculkan Keluhan

By , Kamis, 17 April 2014 | 17:00 WIB

Pengamat transportasi Darmaningtyas menilai, "keluhan Dinda" yang menjadi perbincangan di media sosial merupakan bagian dari belum optimalnya kinerja PT KAI dalam memperbaiki layanan kereta rel listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek, terutama menyangkut jarak waktu kedatangan antar-kereta di stasiun (headway).

Menurut Darmaningtyas, headway yang lama membuat jumlah penumpang yang menunggu di stasiun jadi menumpuk sehingga kondisi di dalam kereta menjadi berdesakan.

Tyas (sapaan Darmaningtyas) berpendapat, pengguna KRL sebenarnya tidak akan merasa keberatan untuk berdiri apabila headway bisa lebih sering. Sekalipun berdiri, tak harus berdesak-desakan.

"Kalau KRL penuh, itu sudah pasti. Tapi kalau headway cepat, keretanya sering, orang tidak akan masalah berdiri. Apalagi, KRL adalah angkutan perkotaan yang memang dirancang lebih banyak penumpang berdirinya supaya daya tampungnya lebih banyak," kata Tyas saat dihubungi, Kamis (17/4).

Tyas juga menyoroti seringnya KRL mengalami gangguan sinyal. Menurut dia, gangguan sinyal telah membuat jarak tempuh kereta lebih lama, yang otomatis membuat penumpang berdiri lebih lama.

"Contohnya, dalam kondisi normal, KRL dari Bogor bisa tiba di Jakarta Kota dalam 1,5 jam. Namun jika ada gangguan sinyal, bisa sampai 2 jam lebih. Tentu, penumpangnya jadi berdiri lebih lama. Kan kesal juga," ujarnya.

Sebelumnya, ramai diberitakan, seorang pengguna KRL bernama Dinda mengeluh di jejaring sosial Path setelah tempat duduknya diminta oleh seorang perempuan hamil. Curhat Dinda itu menuai caci maki dari para pengguna media sosial. Dia dianggap tidak memiliki simpati terhadap kaumnya sendiri.