Lima Prediksi Isaac Asimov 50 Tahun Lalu yang Kini Menjadi Kenyataan

By , Rabu, 23 April 2014 | 13:23 WIB

"Pada 2014 kita semua akan menjalani terapi," menurut Isaac Asimov, salah satu penulis fiksi sains terbaik dari abad ke-20 yang pada 1964 memublikasikan tulisan berisi prediksi mengenai dunia saat ini. Tulisan itu terbit untuk menyambut World's Fair di Queens, New York, yang dibuka 50 tahun lalu pada hari ini.

Berikut lima prediksi Asimov yang mirip dengan kenyataan saat ini:

1. "Komunikasi akan meliputi suara dan penglihatan, dan Anda akan bisa melihat serta mendengar orang yang Anda telepon."Percakapan video antar benua pertama terjadi pada 20 April 1964 menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh Bell Systems dan kemungkinan mengilhami prediksi Asimov. Namun, ia mungkin akan terkejut dengan murahnya biaya produk seperti Skype dan FaceTime Apple: Pada 1964, panggilan video tiga menit dari Washington DC ke New York berbiaya US$16 atau US$118 dengan kurs sekarang (sekitar Rp1,2 juta).

2. "Menelepon langsung ke tempat mana pun di dunia akan menjadi hal yang mungkin, termasuk stasiun cuaca di Antartika."Telepon saja kode negara 672.

3. "Robot tidak akan menjadi pemandangan sehari-hari atau berfungsi dengan baik di 2014, tapi mereka akan ada."Asimov dihargai karena memperkenalkan kata robot ke dalam bahasa Inggris. Prediksinya juga sangat dekat dengan benda yang kini menjadi kebutuhan penting di kehidupan modern yaitu 'komputer mini', atau ponsel pintar.

4. "Untuk televisi, layar di dinding akan menggantikan perangkat biasa; tapi kubus transparan akan muncul dalam bentuk tontonan tiga dimensi."Kini televisi layar datar menggantikan set tradisional. Teknologi televisi 3D, meski bukan dalam bentuk kubus, telah menjadi primadona berbagai festival elektronik.

5. "Dapur akan dilengkapi dengan fitur 'makanan otomatis', memanaskan air, dan mengubahnya menjadi kopi."Mesin pembuat kopi otomatis kini sudah menjadi pemandangan sehari-hari.