Rusa-rusa Belum Lintasi Garis Perbatasan

By , Kamis, 24 April 2014 | 09:48 WIB

Para peneliti di Jerman dan Republik Ceko menemukan bahwa seperempat abad sejak runtuhnya Tirai Besi, rusa-rusa yang hidup di perbatasan kedua negara masih belum melintas.

Mereka melacak pergerakan sekitar 300 rusa merah di wilayah Polandia dan Jerman dekat garis perbatasan. Garis perbatasan tersebut sebelumnya tidak mungkin dilewati karena adanya pagar listrik.

Kelompok rusa itu, lanjut peneliti, tidak menyeberang ke perbatasan negara tetangga karena anak rusa biasanya mengikuti induknya selama tahun pertama.Meskipun perbatasan tersebut kini terbuka lebar, para peneliti menemukan bahwa rusa tetap berada di wilayah Polandia atau wilayah Ceko.

Rusa-rusa itu semuanya lahir setelah akhir Perang Dingin. Anak rusa belajar dari induk mengenai tempat-tempat yang dilalui.

"Umur rata-rata rusa adalah 15 tahun jadi hal itu diturunkan dari generasi ke generasi. Alasannya anak-anak rusa menirukan apa yang dilakukan induknya selama tahun pertama dan induk menunjukkan wilayah yang tersedia," kata salah seorang peneliti, Pavel Sustr, dari Taman Nasional Sumava di Republik Ceko.

Ia menambahkan rusa biasanya memegang kebiasaan yang berlaku tidak hanya selama tahun pertama tetapi juga tahun-tahun berikutnya.