Undang-Undang Baru Spanyol Haruskan Anak-Anak Bantu Pekerjaan Rumah Tangga

By , Selasa, 29 April 2014 | 14:29 WIB

Anak-anak Spanyol mungkin akan segera diharuskan membantu pekerjaan rumah tangga, sesuai dengan rancangan undang-undang yang telah disetujui oleh parlemen.

Langkah yang akan menjadi bagian dari undang-undang perlindungan anak mengatakan bahwa anak-anak berusia di bawah 18 tahun wajib berpartisipasi di semua area kehidupan keluarga.

Ini termasuk "tanggung jawab bersama dalam mengurus rumah dan melakukan pekerjaan rumah tangga tanpa melihat umur dan gender," demikian dilaporkan koran Spanyol, ABC.

Peraturan ini termasuk dalam undang-undang yang disebut "hak dan tugas anak-anak".

Bersamaan dengan mengerjakan pekerjaan rumah tangga, anak-anak juga harus menghargai orang tua dan guru-guru, dan memiliki perilaku positif terhadap pembelajaran. Tetapi, undang-undang itu tidak menyebutkan hukuman bagi anak-anak yang tidak melaksanakan peraturan.

Elemen lain dalam undang-undang itu adalah penetapan daftar orang-orang yang dilarang bekerja dengan anak-anak, dan merupakan suatu kejahatan jika orang-orang yang bekerja dengan anak-anak tidak melaporkan kekerasan yang mungkin terjadi terhadap anak-anak.

Sementara pria Spanyol yang sudah menikah juga bisa menghadapi sanksi hukum jika menolak melakukan pekerjaan rumah. Pembaharuan kontrak perkawinan tahun 2005 yang dipakai untuk upacara perkawinan sipil menambahkan klausa yang mewajibkan pria berbagi tugas rumah tangga, dan perawatan anak-anak dan keluarga yang tua.