UNESCO Ancam Australia Tentang Great Barrier Reef

By , Kamis, 1 Mei 2014 | 20:26 WIB

UNESCO mengancam akan memasukkan Great Barrier Reef ke dalam Warisan Dunia dalam keadaan Terancam di tengah rencana pembuangan endapan kerukan. 

Pejabat yang membawahi perlindungan karang mengizinkan pembuangan pada bulan Januari sebagai bagian dari proyek pembangunan salah satu pelabuhan batu bara terbesar dunia. Tetapi para ilmuwan memperingatkan endapan tersebut dapat meracuni karang. 

UNESCO menyatakan adanya "ancaman serius" terhadap karang dan seharusnya dipertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam daftar bahaya. 

Great Barrier Reef adalah karang terbesar dunia, sepanjang 2.600 km di pantai timur Australia, yang kaya kehidupan laut.

Pembuangan endapan ini adalah bagian dari proyek besar yang memungkinkan beberapa perusahaan mengekspor cadangan batu bara dari daerah Galilee Basin melalui pelabuhan Abbot Point. 

Abbot Point berada di selatan Townsville di pantai Queensland. 

Akhir tahun 2013, pemerintah menyepakati permintaan perluasaan terminal batu bara. Pengerukan diperlukan agar kapal dapat memasuki pelabuhan. Tempat pembuangan endapan kerukan disepakati 25 kilometer timur laut pelabuhan, di dalam taman laut.

Operasi pembuangan "memerlukan persyaratan ketat keadaan lingkungan", kata Otorita Taman Laut Great Barrier Reef saat menyepakati rencana tersebut.