Saksikan Pameran Energi Indonesia

By , Senin, 5 Mei 2014 | 18:34 WIB

Indonesian Petroleum Association (IPA) siap menggelar IPA Convention and Exhibition (Convex) ke-38 di Jakarta Convention Center (JCC) pada 21 - 23 Mei mendatang. Menarik dikaji adalah tema yang dituangkan di dalam acara ini.  Bertajuk Strengthening Partnership to Enhance Indonesia's Energy Resilience and Global Competitiveness.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Senin (5/5) di The Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta disebutkan bahwa para pejabat pemerintah, industri serta para pakar terkait dari berbagai penjuru dunia bakal diundang untuk membahas perlakuan terbaik terhadap sumber alam minyak bumi dalam sidang pleno dan sidang khusus.

Lukman Mahfoedz, Presiden IPA menyatakan harapan agar IPA Convex ke-38 ini disosialisasikan supaya menghasilkan multi-effect player: masyarakat tertarik serta menaruh perhatian besar terhadap minyak dan gas bumi Indonesia.

Sementara Jacob Kastanja, Ketua IPA Convention and Exhibition ke-38 menyatakan, "Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono juga telah kami undang untuk membuka acara  ini."  Tahun lalu, imbuh Jacob, pengunjung mencapai 17 ribu dengan lima negara tamu.

"Tahun ini, kami mendapatkan kepastian bahwa yang akan datang mencapai sepuluh negara. Murid sekolah internasional juga menyatakan keinginan untuk hadir, jadi semoga pengunjung akan lebih banyak lagi dibanding tahun lalu," ujarnya.

Beberapa nama institusi penting yang akan hadir dalam acara ini antara lain Pertamina sebagai sponsor platinum, lalu British Petroleum (BP), Chevron, Total serta Exxon Mobil sebagai gold  sponsor dan IPA bertindak sebagai organizer. Total perusahaan minyak dan gas bumi serrta industri pendukungnya yang akan berpameran di JCC nantinya mencapai 220. Paling banyak ada di Hall A, JCC, dengan peserta sebanyak 42 perusahaan.

Acara menarik yang baru pertama digelar di acara IPA Convex adalah 5K Run and Walk yang start di FX Lifestyle, Jalan Sudirman, Jakarta dengan target seribu pelari. Umum dapat berpartisipasi dalam acara kebugaran ini dengan mendaftarkan diri kepada panitia nantinya.

Untuk pameran, pengunjung diajak lebih tahu tentang operasi minyak dan gas bumi di lapangan berupa mini operation site di Hall B, JCC, serta jenis-jenis eksplorasi yang bekerja sama dengan Museum Minyak dan Gas Taman Mini Indonesia Indah.

Di sini, juga terdapat zona Corporate Responsibility Programme (CSR) serta panel "Did You Know"  untuk lebih mengedukasi pengunjung. Mari bersama-sama menambah ilmu dengan hadir di acara ini. Untuk mengetahui potensi minyak dan gas bumi negeri kita lebih lanjut, simak di sini.