Kata Ahli Kejiwaan, Pengidap Pedofilia Sulit Disembuhkan

By , Rabu, 7 Mei 2014 | 19:30 WIB

Ahli Kejiwaan dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Teddy Hidayat menilai, pengidap paedofilia seperti Emon sulit untuk disembuhkan.

Menurutnya, dorongan birahi yang lebih kuat kepada anak-anak laki-laki, mampu mengalahkan niat pengidap homoseksual paedofilia untuk sembuh.

"Secara umum, paedofilia sulit disembuhkan, kecil kemungkinan bisa kembali lagi (normal)," kata Teddy di RSHS Bandung, Rabu (7/5).

Teddy menambahkan, ada beberapa terapi yang bisa dilakukan untuk mengembalikan perilaku seksual pengidap homoseksual paedofilia. Yang pertama, lanjutnya, adalah dengan menggunakan metode psikoterapi yang lebih mengedepankan wawancara. Selain itu, ada pula terapi menggunakan obat-obatan.

Namun demikian, kata dia, kedua metode tersebut tidak efektif. Menurut Teddy, terapi yang paling ampuh adalah dengan menggunakan metode behavior teraphy. Dalam metode tersebut, pengidap paedofilia akan dipantau kegiatan seksualnya.

Ketika dorongan birahi untuk menyetubuhi anak-anak muncul, pasien akan diberikan stimulan rasa sakit sebagai hukuman. Dengan demikian, setiap tiap kali dorongan seksual itu muncul kembali, pengidap paedofilia akan membayangkan rasa sakit atau getir.

"Seperti asuh lumba-lumba saja, ada reward and punsihment. Begitu dorangan (seksual) muncul kemudian disetrum dengan voltase tertentu," bebernya.

Meski metode tersebut cukup efektif, namun terapi tersebut harus dilakukan dengan jangka waktu yang cukup panjang. Kebanyakan pasien akan jenuh dan kabur dari terapi karena dorongan seksual yang tidak dapat ditahan lagi.