Monyet Mandrill Mampu Buat Alat Pembersih Kuku

By , Kamis, 15 Mei 2014 | 23:15 WIB

Tim ilmuwan mengatakan rekaman gambar, yang memperlihatkan seekor monyet mandrill membersihkan bagian bawah kuku kakinya dengan ranting, menunjukkan kemampuan monyet untuk memodifikasi perkakas. 

Rekaman gambar monyet mandrill itu diambil dari Kebun Binatang Chester, Inggris. Tim ilmuwan Universitas Durham saat itu berada di kebun binatang untuk membantu merancang tempat monyet mandrill. 

Ketika mereka mempelajari tingkah laku monyet, mereka melihat seekor monyet besar jantan sedang menggunakan sebatang ranting untuk membersihkan kuku kakinya seperti manusia membersihkan kuku atau dikenal dengan perawatan pedicure

Di tengah proses pembersihan kaki, mandril itu mendorong ranting ke arah dasar kaki dan membengkokkannya sampai patah. 

Si monyet kemudian menggunakan pucuk tajam potongan batang untuk mengerik kotoran dari kuku kaki yang panjang. 

Diremehkan 

Para ilmuwan, yang merekam aksi mandrill ini, mengatakan tindakan mandrill tersebut merupakan bukti langsung pertama bahwa mandrill secara sengaja memodifikasi peralatan untuk tujuan khusus. 

Tingkah laku ini diketahui umum terjadi pada monyet-monyet lebih maju, antara lain simpansi yang secara sengaja membuat batang untuk membongkar sarang rayap. Namun rekaman film mandrill di Chester menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir mandrill mungkin selama ini terlalu diremehkan. 

"Jurang antara monyet dan kera besar tidak sebesar yang telah kita perkirakan dari segi penggunaan peralatan dan modifikasi," kata ketua tim peneliti, Dr Riccardo Pansini. 

Pansini berpendapat kondisi lingkungan mandrill yang terkurung di kebun binatang mungkin berperan dalam membuat mandrill melakukan tindakan seperti itu. 

"Satwa di dalam kurungan mempunyai banyak waktu untuk melakukan kegiatan yang tidak terfokus pada pencarian pangan atau pasangan," katanya. 

Hasil temuan tim ilmuwan Universitas Durham, Inggris diterbitkan dalam jurnal Behavioural Processes

Dr Amanda Seed, ahli primata dari Universitas St Andrews, Inggris, memuji keberhasilan tim peneliti merekam gambar yang begitu menarik. 

Namun dia menambahkan bahwa belum jelas apakah mandrill tersebut secara sengaja memodifikasi batang dengan tujuan khusus membuat "alat pembersih kaku yang dibuat tajam". 

"Bagi saya tingkah laku ini lebih dekat dengan apa yang telah kita pelajari dari spesies-spesies lain, menggunakan batang untuk tujuan membersihkan diri sendiri, bukan modifikasi alat, katakankah seperti yang dilakukan simpansi, yang menggaruk-garukan batang pada giginya sehingga terbentuk seperti sikat untuk mengumpulkan rayap.