Perayaan Ulang Tahun Jakarta Akan Dimeriahkan dengan 52 Acara

By , Sabtu, 17 Mei 2014 | 09:50 WIB

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar sebanyak 52 acara untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-487 DKI Jakarta. Serangkaian acara itu akan dihelat mulai tanggal 1 Juni hingga 28 Juni 2014.

Ketua Harian Panitia HUT Jakarta Bambang Sugiyono mengatakan, rangkaian acara itu beragam, mulai dari seni hingga olahraga. "Sekitar 52 kegiatan rutin dan unggulan dari kota/kabupaten, provinsi, hingga kecamatan sudah tercatat sebagai pengisi acara HUT DKI tahun ini. Sebanyak 12 di antaranya adalah kegiatan tahunan," kata Bambang, dalam acara Peluncuran Logo HUT ke-487 DKI Jakarta, di Balaikota Jakarta, Jumat (16/5).

Acara tersebut, di antaranya, Jakarta International 10 K, Jakarta Great Sale, Jakarnaval, Pekan Rakyat Jakarta, dan lainnya.

Sementara itu, acara di tingkat kota/kabupaten antara lain Festival Passer Baroe di Jakarta Pusat, Festival Bunga Rawa Belong di Jakarta Barat, Gebyar Pesisir di Jakarta Utara, Festival Palang Pintu di Jakarta Selatan, panggung hiburan 10 kecamatan di Jakarta Timur, serta Festival Kuliner Pesisir di Kepulauan Seribu.

Pencanangan HUT Jakarta akan dilaksanakan pada hari Minggu (1/6) di Jembatan Marto Kemayoran, Jakarta Pusat. "Pencanangan ini serentak di wilayah lainnya. Misalnya, di Jakarta Barat berpusat di Kantor Wali Kota Jakbar di Jakarta Utara berpusat di Waduk Pluit, Jaksel, di Setu Babakan, Jaktim, di Terminal Pulogebang, dan Kepulauan Seribu berpusat di Pulau Pramuka," kata Bambang.

Pada malam puncak HUT ke-487 DKI akan diselenggarakan pada tanggal 21 Juni 2014. Jakarta kembali akan menggelar Jakarta Night Festival dengan konsep car free night. Sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Bundaran Hotel Indonesia akan didirikan sebanyak delapan panggung hiburan dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan BUMD DKI Jakarta.

Sementara itu, di Monas akan diselenggarakan bazar dan panggung hiburan dengan artis Ibu Kota. Pada tanggal 22 Juni 2014, acara dimulai dari pagi hingga malam hari, dimulai dengan upacara, rapat paripurna istimewa HUT DKI, malam resepsi di Balaikota, dan diakhiri dengan Jakarta Humanoid Festival Happening Art di sepanjang Jalan MH Thamrin.

"Untuk lebih jelasnya, semua dapat mengakses di www.jakarta.go.id," kata Bambang.