Apakah Rokok Juga Mencemari Lingkungan?

By , Senin, 19 Mei 2014 | 10:35 WIB

Dalam skala besar, rokok jenis filter memang mengotori lingkungan. Mulai dari kemasan, asap, puntung, hingga abunya. Riset dalam artikel di jurnal Current Enviromental Health Reports menjelaskan langkah-langkah kebijakan mengurangi dampak dari sampah yang berhubungan dengan merokok.

"Memperbaiki lingkungan akibat rokok filter bisa mulai kita lakukan dengan menggerakkan sistem deposit. Sistem ini bertujuan untuk memaksa produsen rokok bertanggung jawab terhadap kebersihan bagi sampah rokok filter. Selain itu, peringatan keras dan sosialisasi dari pemerintah sangat diperlukan untuk menghindari efek buruk dari rokok," ujar Thomas Novotnydan Elli Slaughter dari Universitas San Diego.

Estimasi uang sebesar 4,5 triliun sampai 6 triliun dihabiskan setiap tahunnya oleh orang di seluruh dunia untuk keperluan barang yang tidak penting. Puntung rokok dan produk limbah tembakau lainnya adalah sampah nomor satu yang ditemukan di pantai di seluruh dunia.

"Sampah jenis tembakau ditemukan di mana-mana,sehingga membahayakan lingkungan dan komunitas makhluk hidup secara signifikan.Saya menganjurkan untuk menjauhi konsumsi rokok. karena dua pertiga dari semua asap rokok merusak udara secara global. Dan ini penting untuk menjaga potensi toksisitas dan perbaikan produk-produk limbah ini," ujar Novotny.

Para peneliti tersebut menyarankan, bahwa merokok di dalam ruangan juga bisa menimbulkan masalah. Jenis sampah ini secara harfiah beracun bagi lingkungan. Bahan kimia dalam rokok seperti arsenik, nikotin, danetil fenol akan meresap ke dalam air asin dan tawar yang sangat berbahaya untuk mikro organisme dalam air dan ikan.

Bahkan kemasan rokok juga menimbulkan risiko. Plastik rokok filter sangat tidak ramah lingkungan dan dapat menebarkan zatbahan kimia berbahaya walaupun telah 10 tahun dibuang. Perkiraan sebanyak 49,8 juta kilogram filter, yang dibuang di Amerika Serikat setiap tahun.

"Larangan hukum tidak mengubah kebiasaan malas darimasyarakan akan masalah ini. Kami sedang berjuang keras agar ada hukum yang lebih efektif terkait limbah rokok terhadap lingkungan. Kami juga menuntut industri bisnis rokok memberi perhatian untuk proses daur ulang kembali semualimbah jenis tembakau," ungkap Novotny dan Slaughter.