eBay Desak Pengguna Ganti Kata Sandi

By , Kamis, 22 Mei 2014 | 11:40 WIB

Pengguna eBay didesak untuk ganti sandi di akun eBay mereka. Situs lelang internet tersebut meminta para penggunanya mengganti kata sandi (atau password) ini menyusul serangan dunia maya atas salah satu jaringan datanya.

Perusahaan Amerika Serikat itu mengatakan jaringan data, yang berisi kata sandi yang sudah dienkripsi dan data non-keuangan lainnya.

Bagaimanapun, mereka menegaskan tidak ada bukti-bukti bahwa terjadi aktivitas 'gelap' dengan menggunakan akun para pengguna eBay.

Situs yang bermarkas di California ini memiliki 128 juta anggota aktif dengan nilai perdagangan sekitar US$212 miliar di berbagai pasarnya dan layanan lain sepanjang tahun 2013.

"Jaringan data ... termasuk nama pelanggan eBay, kata sandi yang dienkripsi, alamat email, alamat fisik, nomor telepon, dan tanggal lahir," seperti tertulis dalam pernyataan eBay. "Namun jaringan data itu tidak berisi informasi keuangan dan informasi pribadi rahasia lainnya."

Walau eBay juga memiliki layanan transfer uang PayPal, mereka mengatakan data divisi itu disimpan secara terpisah dan tidak ada bukti-bukti jaringan tersebut diakses secara gelap.

Disarankan para pengguna yang mengguna nama login yang sama di eBay di situs-situs lain, sebaiknya mengganti sandi juga.