Informasi Penting dan Imbauan bagi Turis Indonesia di Thailand

By , Jumat, 23 Mei 2014 | 10:37 WIB

Seperti diberitakan sebelumnya, pada pukul 17.00 waktu Bangkok pada Kamis (22/5), pihak militer Thailand mengambil alih atau melakukan kudeta pemerintahan negara. Seperti diumumkan oleh Tourism Authority of Thailand (TAT), jam malam diberlakukan mulai pukul 22.00-5.00 waktu setempat sejak Kamis malam.

Sementara itu, tempat usaha dan pelayanan publik beroperasi sesuai jam malam tersebut. Seperti diumumkan oleh pihak militer, jam malam berlaku sampai ada pengumuman selanjutnya. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan lainnya.

Diam di penginapan. WNI dihimbau untuk tidak meninggalkan tempat tinggal atau penginapan jika tidak ada keperluan mendesak, terutama pada malam hari.

Warna pakaian. Menghindari penggunaan atribut atau pakaian berwarna merah, kuning, dan/atau hitam yang bisa disalahtafsirkan sebagai bagian anggota dari kelompok yang bertikai.

Jauhi tempat demonstrasi. Segera menjauhi tempat-tempat demonstrasi atau berkumpulnya massa, terutama di malam hari. Serta tetap waspada atau memantau perkembangan situasi di sekitarnya secara seksama. Bila melihat pergerakan massa agar segera menghindar ke tempat lebih amat.

Bawa identitas. Terus membawa kartu idendtitas diri di manapun berada. Hal ini berarti paspor dan identitas lainnya.

Hubungi KBRI Bangkok. Segera hubungi langsung KBRI Bangkok jika mengalami masalah berkaitan dengan hal-hal tersebut di atas. Serta ikuti perkembangan informasi selanjutnya dari KBRI Bangkok secara berkala. KBRI Bangkok di nomor telepon 0929-031103, 0929-951595, atau 0929-951596, berdasarkan surat edaran dari KBRI Bangkok. Bisa juga melalui situs www.kemlu.go.id/bangkok dan www.facebook.com/komunitasindonesiadithailand.

Bandara tetap buka. Semua bandara di Thailand tetap buka. Para penumpang dengan pesawat kedatangan maupun keberangkatan di jadwal jam malam tetap dapat melakukan perjalanan ke dalam dan keluar dari bandara. Meski begitu, para turis yang naik pesawat kedatangan maupun keberangkatan selama jam malam disarankan untuk menyiapkan semua dokumen perjalanan selama melakukan perjalanan ke maupun dari bandara.

Nomor kontak untuk wisatawan. Turis yang memerlukan informasi dan bantuan bisa mengontak langsung pihak TAT melalui call center 1672. Pihak TAT akan terus memberikan laporan informasi terkini.

Nomor lainnya. Nomor-nomor penting yang perlu disimpan oleh turis yang tengah berada di Thailand sebagai berikut.