Pemimpin Israel dan Palestina Setuju Hadiri Pertemuan di Vatikan

By , Senin, 26 Mei 2014 | 13:30 WIB

Presiden Israel Shimon Peres dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas menerima undangan Paus Fransiskus untuk datang ke Vatikan, guna melakukan doa bersama Paus demi terwujudnya perdamaian di Timur Tengah. (Baca lengkapnya di sini)

Di Tel Aviv, Paus Fransiskus disambut Presiden Israel Shimon Peres dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sebelum melakukan perjalanan ke Yerusalem.

Di Yerusalem, Paus Fransiskus memimpin doa layanan bersama dengan pemimpin Gereja Orthodoks Oikumene di Gereja Makam Kudus, lokasi yang diyakini umat Kristiani di mana Yesus disalib dan dimakamkan.

Hari Senin (26/5) ini, Paus Fransiskus dijadwalkan bertemu dengan Presiden Israel Shimon Peres dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Ia juga akan mengunjungi makam nasional Israel – Mount Herzl – dan tugu peringatan holocaust – Yad Vashem.

Beberapa Paus sebelumnya selalu pergi ke Tepi Barat setelah tiba di Tel Aviv, Israel. Jadwal lawatan Paus Fransiskus kali ini dipandang sebagai persetujuan simbolis terhadap aspirasi warga Palestina untuk memiliki negara sendiri. Kunjungan Paus ini juga hanya berselang beberapa pekan setelah putaran terakhir perundingan perdamaian Israel-Palestina gagal mencapai kesepakatan.