Terlalu Panjang, Jarak Antar-Halte Transjakarta Buat Lelah

By , Selasa, 27 Mei 2014 | 15:12 WIB

Sejumlah pengguna layanan bus transjakarta mengeluhkan jarak antara Halte Semanggi dan Halte Bendungan Hilir yang dinilai terlalu jauh.

Tak hanya itu, bentuk fisik jalur transit penghubung antara Koridor I dan Koridor IX itu juga dinilai terlampau tinggi dan terlalu "naik-turun" sehingga membuat pengguna merasa terkuras fisiknya.

"Kalau bisa jaraknya (antara Halte Benhil dan Semanggi) didekatin. Kalau sekarang kan jalannya lumayan jauh, beberapa ratus meter ini. Capek jadinya," kata Maryati (58), seorang pengguna transjakarta saat ditemui di Halte Semanggi, Selasa (27/5).

Hal senada diutarakan Dara (63). Ia menilai, selain jaraknya yang terlampau jauh, tangga akses ke halte transjakarta terlalu tinggi dan memutar. Menurut dia, alangkah lebih baik jika bentuk tangga diubah menjadi lebih praktis.

"Kalau bisa enggak usah muter-muter. Jadi, langsung lurus saja. Lebih bagus kalau ada eskalatornya," ujar warga Kebon Jeruk, Jakarta Barat, itu.

Sementara itu, warga lainnya, Nurida (51), menilai, Pemerintah Provinsi DKI harus segera mencari solusi terbaik dalam pembenahan halte. Ia pun berharap perubahan halte transjakarta bisa dilakukan pada tahun ini.

"Kalau bisa sih cepat-cepat diubah karena kasihan kan kayak saya gini yang sudah tua," ujar warga Cililitan, Jakarta Timur, itu.

Dari pengamatan, jarak antara Halte Bendungan Hilir dan Semanggi tergolong cukup jauh, yakni sekitar 200-300 meter. Hal ini mengakibatkan warga pengguna transjakarta yang ingin berpindah dari Koridor I ke Koridor IX harus berjalan kaki sekitar 5-8 menit.