Koala Dekap Pohon Agar Tak "Kepanasan"

By , Rabu, 4 Juni 2014 | 13:48 WIB

Perhatikan, seekor koala sering terlihat mendekap pohon. Rupanya perilaku koala yang senantiasa memeluk pohon merupakan cara hewan asal Australia itu untuk mendinginkan temperatur tubuhnya, menurut temuan terbaru peneliti.

Dalam kajian yang dirilis jurnal Biology Letters, sejumlah ilmuwan dari Universitas Melbourne menemukan bahwa koala sengaja mendekap pohon guna mengalihkan panas.

Fakta itu didasari pengamatan salah seorang mahasiswi doktoral, Natalie Briscoe, sepanjang tahun. Menurutnya, koala akan naik ke bagian atas pohon selama musim dingin. Sebaliknya, hewan tersebut akan beranjak ke bagian bawah pohon selama musim panas.

Michael Kerney dari Universitas Melbourne menjelaskan, “Sepintas mereka terlihat tidak nyaman dan sepertinya ada yang salah.”

Namun, lanjut Dr. Kearney, pohon justru memberi kenyamanan kepada koala. Pasalnya, ketika temperatur udara mencapai 39 derajat Celsius, suhu pohon tujuh derajat lebih rendah.

Untuk membuktikannya, tim peneliti memfokuskan kamera termal kepada koala tatkala cuaca sedang panas.

“Saat kami melihat foto, jelaslah apa yang dilakukan koala. Anda bisa melihat bahwa saat koala mendekap pohon, ia mendekap bagian pohon yang paling dingin,” jelasnya kepada wartawan sains BBC, Victoria Gill.

Kearney mengatakan pohon besar memiliki iklim mikro. Hal itu menjadi penting bagi hewan yang tinggal di pohon seperti koala mengingat suhu global diprediksi semakin naik akibat perubahan iklim.

Justin Welbergen dari Universitas James Cook University memperkuat analisis Kearney.

Welbergen mengatakan peran pohon-pohon besar amat krusial bagi kelangsungan hidup sejumlah hewan, termasuk koala. “Pohon meningkatkan peluang koala untuk bertahan hidup saat gelombang panas terjadi,” ucapnya.