Mengenal Armadilo, si Maskot Piala Dunia Brasil

By , Selasa, 10 Juni 2014 | 14:56 WIB
()

Sudah kenalkah dengan hewan armadilo yang dijadikan maskot resmi Piala Dunia Brasil?

Armadilo dipilih FIFA serta komite Piala Dunia setelah menilai 47 proposal dari agensi-agensi lokal Brasil tentang lomba pemilihan maskot Piala Dunia 2014.

Kemudian, namanya—Fuleco, merupakan salah satu nama yang terpilih dari dua kandidat nama lainnya yaitu Amijubi dan Zuzeco.

Fuleco merupakan akronim dari kata Futebol (bahasa Portugal: sepak bola), dan Ecologia (ekologi). Ini sebagai cara sosialisasi ajakan kepada semua orang agar menjaga keseimbangan lingkungan dunia agar habitat dan populasi hewan-hewan langka seperti armadilo dapat terjaga dan tidak mengalami kepunahan.

Ajang Piala Dunia dirasakan tepat untuk mengampanyekan three banded armadillo, yang disimbolkan sebagai Fuleco.

Masyarakat Indonesia sering menyamakan armadilo dengan trenggiling. Anggapan itu salah, karena keduanya berbeda ordo.

Armadilo memiliki moncong dan bermata kecil. Warnanya bermacam-macam. Ukurannya juga tidak seragam. Fauna asli Amerika Selatan ini bersaudara dekat dengan kungkang dan anteater.

Dia adalah satu-satunya spesies mamalia bercangkang. Cangkang armadilo yang menyerupai sisik itu sebenarnya adalah keratin, langsung menyambung dengan kulit yang lentur. Cangkang juga terdapat di bahu, sedikit di bagian kepala, dan pinggang.

Namun tidak semua armadilo bisa berlindung di balik cangkangnya, hanya three banded armadillo yang bisa.

Jumlah three banded telah berkurang 30% dalam kurun 10 tahun terakhir, termasuk jenis binatang yang populasinya hampir punah.

Selain langka, armadilo juga unik. Dalam sehari dia dapat menghabiskan waktu 16-18 jam untuk tidur. Jika dirata-rata bahkan, armadilo memakai hampir 75% waktu di sepanjang hidupnya untuk molor! Luar biasa.

Bola

Tolypeutes matacus, adalah salah satu dari jenis three-banded armadillo khas Amerika Selatan. (Thinkstockphoto)

Di seluruh permukaan Bumi terdapat 10 genus dan 20 spesies armadilo. Semua spesies armadilo berasal dari Amerika Selatan, meski ada dua jenis —northern naked-tailed dan nine banded— yang bermigrasi ke Amerika Tengah.

Armadilo yang hanya ada di Brasil adalah jenis three banded atau Tolypeutes tricinctus. Dia bisa melindungi diri dari ancaman predator dengan cara melingkarkan tubuh seperti bola.

Oleh karena kekhasan inilah maka armadilo dijadikan maskot di Piala Dunia Brasil 2014.