Warga Gratis Masuk PRJ Monas

By , Rabu, 11 Juni 2014 | 18:02 WIB

Memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-487 Kota Jakarta, Pekan Raya Jakarta Monas dibuka, Selasa (10/6). Acara ini diharapkan bisa memberikan hiburan gratis bagi seluruh warga Jakarta.

Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama mengatakan, selama ini warga tidak memiliki alternatif hiburan murah saat HUT Kota Jakarta.

"Lingkup Jakarta Fair di Kemayoran nasional dan pengunjung harus membayar mahal hanya untuk masuk. Belum lagi kalau mau membeli makanan. Kami ingin ada pekan rakyat yang harga makanannya sama dengan hari biasa," tutur Basuki, saat membuka Pekan Raya Jakarta Monas.

PRJ Monas digelar hingga 15 Juni. Setiap hari ada tema khusus yang ditampilkan, seperti Jakarta Cantik, Jakarta Sehat, Jakarta Pintar, Jakarta Kreatif, dan Jakarta Performances. Pengunjung bebas masuk ke area PRJ Monas tanpa dikenai biaya.

Seperti dilaporkan Ketua Pelaksana Penyelenggara PRJ Monas Muhammad Haris Pindratno, acara ini menghadirkan 2.780 peserta dan 91 penyandang dana. Peserta tidak dipungut biaya sehingga diharapkan bisa menjual produk dengan harga normal. PRJ berisi aneka produk, baik kuliner maupun produk kreatif.

"Peserta pameran telah diseleksi. Mereka harus memenuhi persyaratan tertentu, antara lain berdomisili di Jakarta, belum memiliki tempat pemasaran, dan tidak memiliki modal," kata Haris. Produk yang ditampilkan diutamakan memiliki kekhasan Jakarta dan unik atau kreatif. 

Salah satunya adalah penjual dodol Betawi, Rizal (34) asal Pasar Minggu. Dia membawa produknya sekaligus mendemonstrasikan cara membuat dodol. Ada dodol orisinal, dodol durian, dodol ketan hitam. "Bisa hadir di acara ini memang sangat membantu saya mempromosikan produk," ujar Rizal, "Selain itu, saya bisa turut memperkenalkan dodol betawi dan cara pembuatannya."