Survei Nielsen, BlackBerry Messenger Masih Populer di Indonesia

By , Kamis, 12 Juni 2014 | 17:30 WIB

BlackBerry Messenger atau BBM ternyata masih populer di Indonesia. BBM menjadi aplikasi pesan instan utama bagi sebagian besar pengguna smartphone di Indonesia.

 Hal itu diungkap lewat temuan survei On Device Meter - Februari 2014 dari lembaga riset pasar Nielsen, dalam keterangan tertulis yang diterima oleh KompasTekno.

Nielsen menyebutkan bahwa BBM dipakai oleh 79 persen pengguna smartphone Tanah Air untuk chatting. Angka tersebut merupakan yang terbesar di antara aplikasi-aplikasi lain yang sejenis.

79 persen menggunakan BBM untuk mengobrol, aplikasi mobile lainnya adalah WhatsApp sebesar 57 persen dan LINE 30 persen.

Rata-rata pengguna menggunakan BBM selama 23,3 menit, WhatsApp selama 6,2 menit dan 5,1 menit dengan LINE.

Pada Februari 2014, Nielsen juga mencatat bahwa pengguna smartphone di Indonesia menghabiskan waktu rata-rata 140 menit per hari untuk menggunakan smartphone mereka. Dari total waktu aktif tersebut, 37 menit digunakan untuk ngobrol, 27 menit untuk berselancar di dunia maya, 23 menit untuk mengakses aplikasi utilitas, 17 menit untuk bermain game dan 15 menit untuk menikmati konten multimedia.

Aktivitas lainnya, mengirim SMS sebanyak 8 menit, bertelepon 6 menit, navigasi di ponselnya 3 menit dan sisanya yang terkait soal keamanan, surel, dan olah dokumen masing-masing menghabiskan waktu 1 menit per hari.

Pengguna smartphone kebanyakan aktif pada jam-jam setelah jam kerja, yaitu di rentang waktu antara pukul 18.00 hingga 22.00 WIB. Sebagian besar waktu digunakan untuk ngobrol diikuti dengan browsing dan bermain game.

Rata-rata wanita menghabiskan waktu lebih banyak setiap hari untuk mengobrol dibandingkan dengan pria. Temuan Nielsen memperlihatkan bahwa wanita menghabiskan 43 menit per hari untuk mengobrol, sementara pria menghabiskan waktu 11 menit lebih sedikit, yaitu 32 menit per hari.

Sedangkan untuk keperluan messaging (SMS dan MMS) serta bertelepon, wanita juga menghabiskan waktu sedikit lebih banyak daripada pria, dimana wanita menghabiskan 9 menit per hari untuk messaging dan 7 menit untuk bertelepon. Sementara, pria menghabiskan waktu 9 menit untuk messaging dan 5 menit untuk bertelepon.

Dilihat dari kelompok usia, pengguna smartphone dari kalangan dewasa muda yang berusia 25 hingga 30 tahun, menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengobrol, yaitu 47 menit dibandingkan dengan kelompok usia lainnya.