Inilah Golongan yang Gratis Masuk ke Monas

By , Sabtu, 14 Juni 2014 | 08:26 WIB

Akan ada beberapa golongan yang gratis ketika masuk kawasan Monas, demikian Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan.

Golongan apa saja digratiskan untuk masuk ke Monas? Golongan tersebut adalah rombongan warga lanjut usia (lansia), rombongan penyandang disabilitas, dan rombongan anak yatim piatu.

"Jadi kayak di Ancol juga," ungkap Basuki di Balaikota Jakarta, Jumat (13/6). 

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, dikenai tarif untuk masuk ke Monas bukan merupakan peraturan baru karena sebenarnya, sesuai peraturan yang ada, pengunjung Monas dikenai tarif dari saat masuk pintu gerbang depan.

Tarif tersebut akan berlaku sampai dengan area cawan. Sementara itu, untuk naik ke puncak, pengunjung akan dikenai tarif tambahan. "Nanti tarif masuk sampai ke cawan Rp 5.000. Kalau anak kecil Rp 2.000. Naik ke puncak bayar lagi. Nanti loketnya akan dipindahin ke ujung pagar," ujar Ahok.

Seperti diberitakan, dalam waktu dekat, pihak pengelola Monas memberlakukan tarif di kawasan tersebut, yakni sebesar Rp 5.000. Nantinya, pihak pengelola Monas juga akan membuatkan kartu anggota yang tarifnya Rp 50.000 untuk masa waktu satu tahun. Warga yang sering melakukan aktivitas di kawasan itu disarankan untuk membuat kartu tersebut.