Kata Obama, Ganja Tidak Lagi Berbahaya

By , Senin, 16 Juni 2014 | 06:55 WIB

Presiden AS Barack Obama mengatakan menghisap mariyuana tak lagi berbahaya jika dibandingkan alkohol, tetapi tetap merupakan "ide yang buruk". 

Obama mengatakan masalah itu kepada majalah New Yorker, dia mengatakan salah jika berpikir legalisasi narkoba dapat menjadi "sebuah obat mujarab" yang dapat menyelesaikan banyak masalah sosial. 

Dia merujuk pada legalisasi mariyuana di negara bagian Colorado dan Washington. 

Sebelumnya dia mengakui menggunakan narkoba ketika masih muda. 

"Telah terdokumentasi dengan baik, ketika anak-anak saya menghisap ganja, dan saya memandangnya sebagai sebuah kebiasaan yang jelek dan sebuah kejahatan, tidak jauh berbeda dari rokok yang saya hisap ketika masih muda di sebagian besar masa dewasa saya," kata Obama. 

Legalisasi mariyuana 

Tetapi dia menambahkan jika dilihat dari dampak kepada konsumen individu "Saya tidak berpikir itu lebih berbahaya dibandingkan alkohol". 

Dia juga mengatakan bahwa orang miskin—banyak dari mereka orang Amerika keturunan Afrika dan Latin—mendapatkan hukuman yang tidak proporsional karena memakai mariyuana, sementara pengguna kelas menengah sebagian besar lolos dari hukuman yang berat. 

"Sangat penting bagi masyarakat untuk tidak berada dalam situasi dimana banyak orang yang melanggar dan hanya segelintir orang yang mendapatkan hukuman." 

Obama menggambarkan legalisasi mariyuana di Colorado dan Washington sebagai "percobaan" yang menantang. 

Aturan hukum yang melegalisasi mariyuana di Colorado efektif berlaku 1 Januari, sementara Washington mengijinkan penjualan jenis narkoba itu pada tahun ini.