PRJ Monas Sisakan Sampah Sebanyak 48 Ton

By , Senin, 16 Juni 2014 | 19:00 WIB

Selama enam hari digelar, Pekan Rakyat Jakarta (PRJ) Monas telah menyisakan tumpukan sampah sebanyak 48 ton.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Saptastri Ediningtyas mengatakan mayoritas sampah-sampah tersebut berasal dari Pedagang Kaki Lima (PKL) yang nekat masuk ke dalam area Monas.

"Jadi, yang punya tupoksi (tugas pokok dan fungsi) di sana itu Unit Pengelola (UP) Taman Monas. Nah, kita yang mengangkut sampahnya," kata perempuan yang akrab disapa Tyas itu, kepada wartawan, di Balaikota Jakarta, Senin (16/6).

Ia menjelaskan, PKL membeludak masuk ke dalam area Monas. Padahal pihak panitia hanya menyediakan 2780 stand untuk pedagang yang telah diseleksi.

Lebih lanjut, Tyas mengatakan, rata-rata sampah per hari saat pelaksanaan PRJ Monas mencapai 8 ton. Angka tersebut naik dua kali lipat jika dibandingkan dengan hari biasa, yakni 4 ton.

Sampah yang telah terkumpul itu kemudian diangkut dengan truk dan dibuang ke tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

"Kita tidak kerahkan petugas untuk pembersihan, hanya mengangkut yang sudah terkumpul dan dibuang ke Bantar Gebang," kata Tyas.

Seperti diketahui, Pemprov DKI menyelenggarakan PRJ Monas selama 6 hari, mulai 10-15 Juni 2014. Penyelenggaraan ini di bawah pengelolaan Dinas Perindustrian dan Energi DKI.