Astronaut Seru Berbagi Cerita Kehidupan Antariksa di Twitter

By , Selasa, 17 Juni 2014 | 17:31 WIB

Reid Wiseman termasuk dalam enam pria yang saat ini tinggal di Stasiun Antariksa Internasional (ISS), sebuah laboratorium riset senilai US$100 miliar yang terbang 418 kilometer di atas Bumi.

Astronaut AS itu baru pertama kali berada di angkasa luar, ia tiba di Stasiun Antariksa Internasional dua minggu lalu. Namun gravitasi nol masih membuatnya terkejut.

"Saya tertawa keras sampai menangis kemarin ketika makan malam. Air mata tidak turun ke pipi di luar angkasa," tulis Wiseman, yang membagi pengamatan dan gambar-gambar selama kehidupan antariksa yang dijalaninya di Twitter, lewat akun @astro_reid.

"Masih beradaptasi dengan gravitasi nol. Baru membalikkan tas untuk menumpahkan isinya #tidakberlakudisini," tulisnya lagi minggu lalu.

Foto favoritnya sejauh ini adalah pemandangan pantai Australia utara. "Bagaimana awan dan gurun merah bertemu dengan laut, terbakar di benak saya," ujar Wiseman dalam wawancara jarak jauh dengan CBS News, Senin (9/6).

Reid Wiseman merupakan satu di antara para astronaut yang suka "berkicau". Lebih dari 40 astronaut saat ini yang berasal dari AS, Eropa, Jepang, Rusia dan Kanada kini menggunakan layanan media sosial, dan berbagi perspektif lewat tulisan sepanjang 140 karakter sekali tulis.

Astronaut-astronaut yang senang menulis di Twitter termasuk veteran dua kali ulang alik dan teknisi perbaikan Teleskop Antariksa Hubble, yang memiliki 1,3 juta pengikut, dan mantan komandan stasiun Chris Hadfield dari Kanada, dengan hampir 1,1 juta pengikut.

Wiseman memiliki perbedaan dengan mengunggah video Vine yang berulang (looping) dari antariksa. Video itu menunjukkan bagaimana matahari berputar di atas Bumi, tak pernah terbenam. "Pemandangan dari jendela ini jauh dari yang pernah saya impikan," ujarnya.