Museum Ombilin, Rekam Jejak Tambang Batubara Sawahlunto

By , Kamis, 3 Juli 2014 | 15:20 WIB

Museum Tambang Batu Bara Ombilin menjadi pelengkap rentetan museum yang dihadirkan Sawahlunto sebagai kota warisan tambang kolonial yang kini berwawasan wisata sejarah tambang. Museum ini baru saja diresmikan pada Juni 2014 dan diharapkan menjadi bagian penting tujuan wisata yang dapat disambangi di Sawahlunto.

Museum ini menyimpan beragam koleksi dari aktivitas penambangan batubara sejak masa kolonial hingga masa kini. Ada peralatan tambang batubara, arsip, kostum penambang, kendaraan pengangkut batubara, foto lama tempo dulu, audio visual, alat kerja penambang, hingga mesin pemilah batubara.

Bangunan Museum Tambang Batu Bara Ombilin sendiri merupakan salah satu gedung bersejarah karena sempat menjadi rumah peristirahatan mantan Presiden RI Soeharto. Gedungnya sendiri telah ada sejak 1891.

Di museum ini kita bisa melihat jejak aktivitas kegiatan penambangan batubara di Sawahlunto sejak 1891. Sejak 1940 hingga 1970-an produksi batubara Ombilin terus merosot dan penduduknya pun terus berkurang. Akan tetapi, kini Sawahlunto berupaya menghidupkan pariwisata dengan sisa-sisa warisan tambang batubara lewat hadirnya museum.

Untuk memperoleh penjelasan detail terkait sejarah aktivitas penambangan batubara di Sawahlunto mintalah pemandu untuk menemani dalam penjelajahan museum ini. Minta izin pula untuk dapat menyaksikan film singkat di ruangan khusus yang tersedia.

Jadi, jika berkunjung ke Sawahlunto singgahlah ke museum ini.